Brexit Bakal Jadi Titik Macet di Pantura saat Mudik Iduladha

Brexit Bakal Jadi Titik Macet di Pantura saat Mudik Iduladha
Macet. Ilustrasi Foto: Ismail Pohan/dok.JPNN.com

jpnn.com, BREBES - Volume kendaraan di jalur pantai utara (Pantura) Pulau Jawa jelang libur Iduladha akhir pekan ini diperkirakan akan melonjak. Sebab, sebagian warga kota besar khususnya Jakarta dan sekitarnya akan mudik ke kampung halaman untuk merayakan Iduladha.

Wilayah Kabupaten Brebes hingga Pekalongan, Jawa Tengah diperkirakan akan rawan macet. Setidaknya ada enam titik titik rawan kemacetan di Jalur Pantura Brebes hinga Pekalongan ataupun yang mengarah ke Purwokerto.

Dari enam titik macet itu, empat di antaranya berada di jalur Pantura Brebes-Pekalongan. Yakni Simpang Tiga Brebes Timur (Brexit), ruas Pantura Tegal Kota, ruas Pantura SPBU Muri Kramat di Kabupaten Tegal dan ruas Pantura Kota Pekalongan.

Sedangkan titik macet di jalur tengah antara lain perlintasan Kereta Api Karangsawah dan Pasar Linggapura di Kecamatan Tonjong. Untuk itu, Biro Ops Polda Jateng telah memimpin Rapat Koordinasi Pam dan Survei Jalur menghadapi libur panjang Iduladha 2017 di gedung DPRD Kabupaten Brebes, Senin (28/8).

"Di Brexit jelas satu titik yang rawan kemacetan. Selain itu dalam Kota Tegal juga harus kita waspadai saat libur Idul Adha nanti," ungkap Kepala Biro Ops Polda Jateng Kombes Hariyanto seperti diberitakan radartegal.com.

Dia memastikan ruas tol sementara Brebes-Weleri tidak dapat difungsikan. Dengan demikian, kendaraan yang melintasi tol dari arah Cirebon menuju timur diarahkan keluar melalui pintu Brebes Timur atau yang lebih dikenal dengan sebutan Brexit.

Karena itu, Brexit diperkirakan akan menjadi titik macet. Sebab, pintu tol yang langsung mengarah ke Tegal itu menjadi tumpuan utama arus kendaraan yang masuk Pantura Jawa.

Sedangkan selepas Brexit ada titik rawan lainnya, yakni di dalam Kota Tegal sebagai imbas peningkatan aktivitas, SPBU Muri karena ada keluar masuk kendaraan, serta di Pekalongan.

"Kalau di Brexit terjadi kepadatan, kami akan lakukan rekayasa contra flow. Kendaraan yang menuju ke Tegal dan selanjutnya akan dialihkan ke pintu tol Brebes Barat. Jika masih padat, kami alihkan di pintu tol Pejagan. Kalau ini juga masih padat, kami koordinasi dengan Polda Jabar untuk pengaturan di dalam tol," terangnya.

Volume kendaraan di jalur pantai utara (Pantura) Pulau Jawa jelang libur Iduladha akhir pekan ini diperkirakan akan melonjak. Sebab, sebagian warga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News