Ini Persiapan Kementan Jelang Iduladha 1438 H

Ini Persiapan Kementan Jelang Iduladha 1438 H
Sapi kurban. Foto: Arief Budiman/Radar Solo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pertanian melakukan sejumlah persiapan menjelang pelaksanaan Iduladha 1438 H.

Di antaranya, Direktorat Kesehatan Masyarakat Veteriner bekerja sama dengan Asosiasi Kesehatan Masyarakat Veteriner Indonesia (ASKESMAVETI) telah melaksanakan bimbingan teknis penataan hewan kurban, untuk tim bantuan pengawasan hewan kurban.

Tim terdiri atas 129 orang petugas teknis, diturunkan ke lapangan di wilayah DKI Jakarta, Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kota Depok, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Tangerang, Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi.

Mereka bertugas melakukan advokasi penanganan hewan kurban, penyembelihan halal dan penanganan daging kurban yang higienis.

"Pedoman kesejahteraan hewan kurban juga telah dilakukan melalui pembuatan leaflet dan video serta bimbingan teknis secara langsung," ujar Direktur Perbibitan dan Produksi Ternak Kementan Surachman Suwandi, saat menggelar public awarness terkait pemotongan hewan kurban, di Masjid Baiturrahman, Petukangan Utara, Jakarta Selatan, Selasa (29/8).

Selain itu, saat ini kata Surachman, telah dialokasikan dana tugas pembantuan pada Provinsi DKI Jakarta untuk pembangunan tiga unit model fasilitas sarana pemotongan hewan kurban. Masing-masing di Jakarta Pusat, Jakarta Utara dan Jakarta Selatan.

"Untuk koordinasi persiapan pengawasan hewan kurban terutama untuk Jabodetabek, telah dilaksanakan pada 28 Agustus kemarin," ucapnya.

Koordinasi dilaksanakan antara Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan dengan dinas yang membidangi fungsi peternakan dan kesehatan hewan wilayah Jabodetabek.

Kementerian Pertanian melakukan sejumlah persiapan menjelang pelaksanaan Iduladha 1438 H.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News