BRI Dinobatkan Jadi Bank di Indonesia dengan Pengelolaan Risiko ESG Terbaik

BRI Dinobatkan Jadi Bank di Indonesia dengan Pengelolaan Risiko ESG Terbaik
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk terus melakukan penguatan implementasi prinsip Environmental, Social, dan Governance (ESG) secara holistik. Foto: Dok BRI

jpnn.com, JAKARTA - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk terus melakukan penguatan implementasi prinsip Environmental, Social, dan Governance (ESG) secara holistik ke dalam kegiatan bisnis maupun operasional perusahaan.

Di tengah upaya peningkatan tersebut, BRI mendapat pengakuan dari lembaga pemeringkat Sustainalytics berupa penurunan penilaian tingkat risiko dalam ESG Risk Rating yang dirilis.

Dalam pemeringkatan ESG Risk tahun 2022 yang diterbitkan pada 5 Oktober 2022, Sustainalytics memberikan skor 18,8 atau Low Risk terhadap BRI.

ESG Risk Rating Sustainalytics mengukur eksposur perusahaan terhadap risiko ESG dan seberapa baik perusahaan mengelola risiko tersebut. Semakin rendah ESG Risk Rating perusahaan, maka dipersepsikan semakin baik perusahaan tersebut dalam mengelola risiko ESG.

Skor BRI dalam ESG Risk Rating dari Sustainalytics tercatat mengalami perbaikan secara konsisten, sebagaimana terlihat dari ESG Risk Rating dengan skor 30,00 atau high risk pada 2020 kemudian beralih masuk ke kategori medium risk dengan skor 21,5 pada 2021 dan meraih predikat low risk pada tahun ini dengan skor 18,8.

Skor yang diraih BRI juga tercatat terbaik di kategori industri perbankan di Indonesia.

Direktur Kepatuhan BRI Ahmad Solichin Lutfiyanto mengungkapkan BRI senantiasa mengikuti berbagai pemeringkatan ESG yang berstandar internasional sebagai salah satu parameter dalam implementasi ESG. Di samping itu, bank dengan jaringan terluas di Indonesia ini berupaya menjadi akselerator penerapan ESG melalui role modelling.

“Keterlibatan aktif BRI dalam pengukuran ESG Rating juga merupakan salah satu strategi perusahaan dalam melakukan continuous improvement terkait implementasi ESG, sehingga senantiasa dapat men-deliver economic value dan social value bagi seluruh stakeholders,” ucapnya.

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk terus melakukan penguatan implementasi prinsip Environmental, Social, dan Governance (ESG) secara holistik

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News