BRI Life Lakukan Investigasi Terkait Kabar Data Nasabah Bocor, Begini Hasilnya

BRI Life Lakukan Investigasi Terkait Kabar Data Nasabah Bocor, Begini Hasilnya
Data nasabah BRI Life bocor. Ilustrasi: Daily Telegraph/Alamy

jpnn.com, JAKARTA - Manajemen BRI Life bergerak cepat melakukan investigasi secara maraton terkait beredarnya informasi mengenai bocornya data nasabah. 

Kepala Divisi Sekretariat Perusahaan PT Asuransi BRI Life Ade Ahmad Nasution mengatakan berdasarkan hasil investigasi hingga Rabu (28/7), ditemukan beberapa fakta sebagai berikut:

1. Klaim Jumlah Kebocoran Data Tidak Benar

BRILife telah bergerak cepat melakukan investigasi internal atas kejadian dimaksud, dan ditemukan bukti pelaku kejahatan cyber melakukan intrusi ke dalam sistem BRI Life Syariah, yang merupakan stand alone system dan terpisah dari core system BRI Life.

"Pada system tersebut terdapat tidak lebih dari 25 ribu pemegang polis syariah individu, di mana data tersebut tidak berkaitan dengan data BRI Life maupun BRI Group lainnya," ujar Ade.

2. Data BRI dan BRI Group Aman

"Kejadian ini tidak memberikan dampak kepada data nasabah BRI maupun BRI Group lainnya. Tidak ada “Lateral Action” terhadap portofolio yang lain, karena system ini stand alone," kata Ade.

3. Link Awal Di Forum Jual Beli Sudah Tidak Dapat Ditemukan

Saat ini link awal di forum jual beli yang sempat viral pada media sosial sudah tidak dapat ditemukan lagi.

4. BRILife Berkoordinasi dengan Pihak Terkait Untuk Penegakan Hukum

"Sebagai bagian dari komitmen untuk melindungi nasabah, BRI Life telah melakukan respons terhadap insiden ini dan melakukan tindakan cepat dengan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait," jelasnya.

Dalam hal ini kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.

Manajemen BRI Life bergerak cepat melakukan investigasi secara maraton terkait beredarnya informasi mengenai bocornya data nasabah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News