BRI Salurkan Kredit untuk 13 Juta UMKM sepanjang 2021

BRI Salurkan Kredit untuk 13 Juta UMKM sepanjang 2021
BRI telah menyalurkan kredit UMKM pada 13 juta nasabah pada segmen tersebut hingga September 2021. Foto: BRI

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Kepatuhan PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Tbk Achmad Solichin Lutfiyanto mengatakan menyalurkan kredit UMKM pada 13 juta nasabah pada segmen tersebut hingga September 2021.

BRI menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) sekitar Rp 140 triliun

"BRI berkontribusi sebesar 55 persen terhadap penyaluran KUR untuk UMKM nasional," ujar Solichin dalam webinar "Tantangan Milenial Merebut Peluang Akses Pembiayaan dalam Ekosistem UMKM" yang dipantau di Jakarta, Selasa.

Menurut dia, penyalurkan kredit UMKM perseroan mencapai 80,5 persen dari target.

"Disampaikan oleh OJK pada 2024 kita harus capai 30 persen untuk porsi kredit untuk UMKM. Itu BRI pasti berkontribusi karena terakhir kredit untuk UMKM sudah 80,5 persen," kata

Salah satu wilayah yang mendapatkan penyaluran UMKM cukup besar dari BRI ialah Soloraya dan Yogyakarta, di mana kredit yang tersalurkan mencapai sekitar Rp 40 triliun untuk 1,5 juta nasabah.

Namun, UMKM tidak sekadar perlu disalurkan uang, tetapi juga perlu diberdayakan agar layak mendapatkan dana dari perbankan.

"Kita harus melihat bahwa sebelum pembiayaan ada yang namanya pemberdayaan. Karena kalau untuk dapat pembiayaan syaratnya harus bankable, kalau tidak, tidak bisa dibiayai sehingga, kami bantu dulu UMKM di pemberdayaan," ucapnya.

BRI telah menyalurkan kredit UMKM pada 13 juta nasabah pada segmen tersebut hingga September 2021.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News