BRI Sukses Berdayakan Lebih dari 400 Ribu UMKM, Naik Kelas Bersama Rumah BUMN

BRI Sukses Berdayakan Lebih dari 400 Ribu UMKM, Naik Kelas Bersama Rumah BUMN
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk melalui berbagai macam program pemberdayaan dan permodalan UMKM salah satunya melalui Rumah BUMN. Foto: dok BRI

jpnn.com, JAKARTA - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk melalui berbagai macam program pemberdayaan dan permodalan UMKM salah satunya melalui Rumah BUMN.

Rumah BUMN merupakan inisiatif dari Kementerian BUMN dan Perusahaan BUMN untuk memberdayakan ekonomi kerakyatan, khususnya UMKM yang di dalamnya menjadi pusat literasi serta inkubasi bisnis. 

Sejak pertama kali didirikan pada 2017, saat ini telah tersebar sebanyak 54 Rumah BUMN milik BRI di seluruh Indonesia.

Direktur Bisnis Mikro BRI Supari menerangkan sejak terbentuk, terjadi pertumbuhan signifikan jumlah UMKM yang mendaftar dari tahun ke tahun. 

Sampai per Desember 2023, sebanyak lebih dari 418 ribu UMKM telah terdaftar dengan 12 ribu jumlah pelatihan. Jumlah ini naik 3 kali lipat dibanding 2019.

Supari meyebutkan bahwa program Rumah BUMN ini sangat efektif memberdayakan pengusaha di segmen mikro bahkan lebih kecil lagi sampai dengan level ultra mikro untuk tumbuh dan berkembang. 

Apalagi saat ini, BRI telah memiliki Holding Ultra Mikro (UMi) dengan mengintegrasikan proses bisnis Pegadaian dan Permodalan Nasional Madani (PNM), sehingga dapat mempercepat tujuan UMKM naik kelas.

BRI memiliki punya 54 titik Rumah BUMN yang sudah memiliki lebih dari empat ratus ribu anggota. 

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk melalui berbagai macam program pemberdayaan dan permodalan UMKM salah satunya melalui Rumah BUMN.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News