Bridgestone & Yapersi Beri Pelatihan Membatik Kepada Pemuda di Muara Gembong

Bridgestone & Yapersi Beri Pelatihan Membatik Kepada Pemuda di Muara Gembong
Bridgestone Indonesia menggandeng Yayasan Pemuda Konservasi Indonesia dengan menggelar pelatihan membatik. Foto: dok Bridgestone

jpnn.com, MUARA GEMBONG - PT Bridgestone Tire Indonesia (Bridgestone Indonesia) menggandeng Yayasan Pemuda Konservasi Indonesia (Yapersi) dengan menggelar pelatihan membatik yang berfokus pada penggunaan canting cap dan canting elektrik di Desa Pantai Bahagia, Muara Gembong, Rabu (24/5).

Pelatihan ini merupakan bentuk keberlanjutan dukungan Bridgestone Indonesia dalam upaya pelestarian sumber daya pesisir.

Human Resources & General Affairs (HRGA) Director PT Bridgestone Tire Indonesia, Yunus Triyonggo mengatakan pelatihan ini melibatkan muda-mudi sebagai target peserta.

Menurut dia, dalam pelatihan yang berlangsung selama tujuh hari dengan total pembelajaran selama 56 jam, Yayasan Pemuda Konservasi Indonesia sebagai pelatih akan menjelaskan bagaimana berinovasi dalam penggunaan limbah kertas sebagai bahan canting cap, pengenalan alat dan bahan untuk batik pewarna alam, penggunaan canting elektrik, canting cap limbah kertas, dan pembuatan batik dengan pewarna alami dari mangrove.

Selama proses pelatihan ini dilakukan, sebanyak 55 kain batik siap jual yang berukuran 2,2 x 1,15 meter yang bisa digunakan untuk membuat satu kemeja.

“Kami berharap program ini dapat memberikan dampak yang positif untuk memberdayakan ibu-ibu dan para angkatan muda di wilayah sekitar hutan mangrove dalam pemanfaatan bahan pewarna berbasis pada sumber daya alam tanaman mangrove yang tentunya akan lebih berkesinambungan," ungkap Yunus dalam siaran persnya.

Dia menambahkan pihaknya merasa bersyukur karena masyarakat di Muara Gembong juga memiliki mental resilient dan mandiri dalam mengupayakan tumbuhnya keterampilan dan kompetensi dalam karya membatik ini.

Sementara itu, salah satu peserta pelatihan membatik, Siti Hamidah mengaku bahwa kegiatan tersebut sangat bermanfaat bagi dirinya dan masyarakat setempat.

Bridgestone Indonesia menggandeng Yayasan Pemuda Konservasi Indonesia (Yapersi) dengan menggelar pelatihan membatik. Simak selengkapnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News