Brigjen Tatang Tegaskan Mobil yang Kecelakaan di Luar Rombongan Utama KSAD

Brigjen Tatang Tegaskan Mobil yang Kecelakaan di Luar Rombongan Utama KSAD
Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman mengecek secara langsung prajuritnya dari Yonif 123/RW yang sedang melaksanakan tugas pengamanan perbatasan RI-Papua Nugini (PNG), di Merauke, Papua, Selasa (12/4/2022). (ANTARA/HO-Dispenad)

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Dinas Penerangan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Tatang Subarna meluruskan informasi soal kecelakaan di Merauke, Papua, Selasa (12/4).

Brigjen Tatang mengatakan bahwa mobil yang mengalami kecelakaan itu bukan iring-iringan utama kendaraan yang ditumpangi KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman. 

Dia menegaskan bahwa insiden yang menewaskan satu prajurit TNI, yaitu Letda Cpm I Kadek Suhardiyana, murni kecelakaan tunggal.  Letda Kadek merupakan perwira pertama Detasemen Polisi Militer (Denpom) XVII/3 Merauke. Dia dilaporkan meninggal setelah dibawa ke RSUD Merauke.

“Murni kecelakaan tunggal di mana kendaraan yang digunakan berada di luar rombongan utama KSAD,” kata Brigjen Tatang dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Selasa (12/4). 

Dia menjelaskan selain korban jiwa, ada tiga jurnalis yang luka-luka akibat kecelakaan itu. Menurutnya, korban luka telah dievakuasi ke Rumah Sakit TNI Angkatan Laut (RSAL) Lantamal XI Merauke untuk menjalani perawatan.

“Peristiwa kecelakaan ini masih dalam proses penyelidikan, tetapi dugaan sementara pengemudi mengantuk sehingga keluar dari badan jalan dan pada saat mencoba kembali ke badan jalan mobil tersebut hilang keseimbangan dan terguling,” kata Brigjen Tatang.

Beberapa media nasional pada Selasa sore mengabarkan rombongan kendaraan KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman di Merauke, Papua, mengalami kecelakaan. Sejauh ini, belum ada informasi mengenai kondisi terakhir tiga wartawan yang luka-luka akibat kecelakaan itu.

KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman tiba di Merauke sejak Senin (11/4) untuk memeriksa satuan-satuan di daerah tersebut, sekaligus menemui tokoh masyarakat dan pemimpin daerah setempat.

Kadispenad Brigjen TNI Tatang Subarna menegaskan mobil yang kecelakaan di Merauke, Papua, di luar iring-iringan rombongan KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News