Bripka Astri Theresia Berhasil Mengukir Sejarah dalam Misi Kemanusiaan di Sudan

Bripka Astri Theresia Berhasil Mengukir Sejarah dalam Misi Kemanusiaan di Sudan
Bripka Astri Theresia. Foto: ANTARA/Firman

jpnn.com, BANJARMASIN - Bripka Astri Theresia satu dari sekian banyak polisi wanita (polwan) yang menorehkan prestasi membanggakan.

Theresia yang bertugas di Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) telah berhasil mengukir sejarah dalam misi UNAMID (United Nations and African Union Mission in Darfur) di Sudan.

Tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Garuda Bhayangkara (Garbha) II Formed Police Unit (FPU) 11 Indonesia, Bripka Theresia satu dari 140 personel Polri yang dikirim ke negara konflik di Afrika Utara itu selama satu tahun enam bulan dimulai sejak 9 Maret 2019 sampai 26 September 2020.

Theresia tak sendiri, sebanyak 15 personel polwan dari berbagai polda bergabung dalam Satgas FPU 11 Indonesia.

Khusus Polda Kalsel mengirimkan empat personel, tiga polisi laki-laki (polki) dan satu polwan yaitu Bripka Astri Theresia, Bripka Hidayattulah, Brigadir I Wayan SP Mahardika, dan Brigadir Moh Modassir.

Menjalankan misi pemeliharaan perdamaian dunia di bawah organisasi internasional Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) atau United Nations (UN) di Darfur, Sudan, jadi pengalaman berharga bagi Tere, begitu biasa Astri Theresia disapa.

Baginya, dinas di luar negeri adalah impian yang terwujud. Meski segala tantangan dan rintangan harus dilewati begitu berat terutama berpisah sementara dengan keluarga.

Sejak 2008 dalam format FPU baru, FPU 11 Indonesia menjadi yang mengirimkan polwan ke daerah misi Darfur, Sudan, pada 2019.

Bripka Astri Theresia polwan di Polda Kalsel telah mengukir sejarah dalam misi UNAMID di Sudan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News