BSNP Siapkan Ujian Kesetaraan

BSNP Siapkan Ujian Kesetaraan
BSNP Siapkan Ujian Kesetaraan
JAKARTA - Bagi siswa yang tidak lulus Ujian Nasional (Unas) 2011, tidak perlu kecil hati. Pemerintah sudah menyiapkan opsi mengikuti ujian kesetaraan. Ujian yang sering disebut ujian kelompok belajar (kejar) paket ini bakal dimulai bulan ini.

Sekretaris Badan Standarisasi Nasional Pendidikan (BSNP) Richardus Eko Indrajit menjelaskan, ujian kesetaraan yang bakal digelar pertama adalah untuk paket C. Ujian kesetaraan paket C adalah ujian untuk siswa setingkat SMA dan sederajat. Eko menjelaskan, ujian kesetaraan paket C untuk program IPA dan IPS digelar pada 5-8 Juni. Sedangkan untuk program kejuruan, digelar pada 5-6 Juni.

Sementara untuk ujian kesetaraan atau kejar paket A dan B bakal dilangsungkan pada 12-14 Juni. Eko menjelaskan, informasi tentang pendaftaran ujian kejar paket ini bisa diakses di sekolah-sekolah negeri. "Termasuk juga informasi lokasi pelaksanaan ujian kesetaraan," tandasnya. Eko menambahkan, aturan tentang biaya pendaftara ujian kesetaraan belum turun.

Eko menuturkan, tidak seluruh siswa yang tidak lulus unas bakal memilih ikut ujian kejar paket. "Ini adalah pilihan," tandasnya. Selain ikut ujian kejar paket, siswa juga bisa ikut unas tahun depan. Menurut Eko, ujian ini juga digunakan untuk mengakomodir siswa-siswa yang belajar di lembaga pendidikan non-formal. Seperti di pondok yang juga mengadakan layanan pendidikan.

JAKARTA - Bagi siswa yang tidak lulus Ujian Nasional (Unas) 2011, tidak perlu kecil hati. Pemerintah sudah menyiapkan opsi mengikuti ujian kesetaraan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News