BSNP Tunggu Hasil Scanning LJK

Terkait Bocornya Soal UN di Medan

BSNP Tunggu Hasil Scanning LJK
BSNP Tunggu Hasil Scanning LJK
JAKARTA—Guna membuktikan ada tidaknya kebocoran soal Ujian Nasional (UN) secara sistemik di Medan, Kementrian Pendidikan Nasional melakukan penelitian secara seksama.  Ketua Badan Standardisasi Nasional Pendidikan (BSNP) Djemari Mardapi menegaskan , pihaknya saat ini masih menunggu hasil scanning lembar jawaban komputer (LJK) para siswa  di Medan, khususnya SMKN 2 Medan dan SMA Indrapura.

“Rektor dari Universitas Medan masih menelusuri kebenarannya. Jika benar penyebarannya secara merata, maka benar terjadi penyimpangan. Saat ini masih dilakukan scanning lembar jawaban,” ungkap Djemari di Gedung Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) Jakarta, Selasa (23/3).

Djemari menambahkan, pola jawaban yang tertera di LJK para siswa di kedua SMA di Medan tersebut belum dapat dikatakan berisfat sistematik ataupun random. “Kita masih tidak bisa menentukan. Kan kita masih menunggu hasil scanning yang nanti juga dikirim ke Jakarta. Jika benar sistematik, maka secara otomatis ada penyimpangan,” jelasnya.

Sementara itu, Djemari pun juga mengatakan jika hasil scanning LJK terbukti bahwa jawabannya bersifat sistematik, BSNP bersama denga Kemendiknas akan melakukan analisis lebih lanjut. “Jika sudah menemukan bukti akhir, tentunya akan kami putuskan  untuk melakukan ujian ulangan,” imbuhnya.

JAKARTA—Guna membuktikan ada tidaknya kebocoran soal Ujian Nasional (UN) secara sistemik di Medan, Kementrian Pendidikan Nasional melakukan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News