JPNN.com

BTN Diharapkan Bisa Jadi Lokomotif Pemulihan Ekonomi Nasional di Kala Pandemi

Kamis, 28 Januari 2021 – 20:00 WIB
BTN Diharapkan Bisa Jadi Lokomotif Pemulihan Ekonomi Nasional di Kala Pandemi - JPNN.com
Plt Direktur Utama Bank BTN Nixon LP Napitupulu. Foto dok BTN

jpnn.com, JAKARTA - PT Bank Tabungan Negara (BTN) Tbk pada 2021 ini diharapkan bisa menjadi lokomotif pemulihan ekonomi.

Wamen II BUMN Kartika Wirjoatmodjo menilai modal Bank BTN cukup kuat dalam bertahan dan survive bertahan di sektor pembiayaan properti tanpa perlu berubah menjadi bank yang universal.

Buktinya, Bank BTN bisa tumbuh dan besar serta menjadi bank yang sehat dengan kapitalisasi pasar yang besar.

“Dalam periode recovery ini, selain memperbaiki kualitas kredit dan funding, bagaimana (caranya) juga bisa membangun transaction business yang kuat dimulai dari value chain mortgage yang menjadi core competence dari Bank BTN,” kata Kartika saat membuka Rapat Kerja Nasional BTN 2021 bertajuk 'Transformation to Achieve Sustainable Growth', Kamis (28/1).

Kartika menilai kekuatan Bank BTN pada pembiayaan properti harus tetap diperluas pada ekosistem value chain mortgage maupun customer based.

“Integrasi antara mortgage driven growth dikaitkan dengan ekosistem mortgage saya rasa akan mendapatkan customer based yang stabil dan kemudian ekosistem dari developernya,” ungkap Kartika.

Menurut dia, bisnis bank BTN yang berpusat pada bisnis pembiayaan perumahan dapat berjalan asalkan tekun menangkap aliran transaksi dalam ekosistem perumahan.

“Namun saya menekankan untuk Current Account and Saving Account (CASA) di mana Bank BTN menargetkan sekitar Rp270 triliun pada road map, untuk itu transformasi cabang untuk menggalang CASA agar bisa mendapatkan funding flow yang sehat dengan cost yang lebih murah harus ditingkatkan. Jika kredit, CASA (dana murah) dan transaksi jalan, benar-benar BTN dapat tumbuh berkembang sehat dengan profitabilitas yang baik,” jelas Kartika.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...