BTN: Penyaluran Kredit dari Dana Pemerintah Bakal Lampaui Target

BTN: Penyaluran Kredit dari Dana Pemerintah Bakal Lampaui Target
Ilustrai perumahan. Foto dok BTN

jpnn.com, JAKARTA - PT Bank Tabungan Negara (BTN) Tbk optimistis bisa memenuhi komitmen penyaluran kredit dari dana penempatan pemerintah untuk Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). 

Sesuai Peraturan Menteri Keuangan No. 70 tahun 2020, Bank BTN menerima penempatan dana pemerintah sebesar Rp 5 triliun pada 25 Juni 2020 untuk tenor tiga bulan.

Direktur Utama Bank BTN, Pahala Nugraha Mansury menuturkan sejak awal perseroan berkomitmen memenuhi target untuk menyalurkan pembiayaan hingga kali lipat atau sebesar Rp15 Triliun dari dana yang ditempatkan pemerintah.

Pahala menjelaskan, realisasi penyaluran pembiayaan hingga 25 September 2020 dari penempatan dana pemerintah, diproyeksikan mencapai Rp 15,38 triliun atau 102,5% dari target.

Segmen terbesar dari penerima pembiayaan tersebut adalah KPR subsidi yakni untuk 28.807 debitur senilai Rp 3,99 triliun. Dana itu setara 26% dari keseluruhan pembiayaan yang disalurkan.

Segmen lain penerima pembiayaan dari penempatan dana pemerintah, yang diproyeksikan terealisasi hingga 25 September 2020, adalah KPR non-subsidi dan kredit konsumer lainnya.

Yakni mencakup 12.944 debitur senilai Rp 3,38 triliun atau setara 22% dari keseluruhan pembiayaan yang disalurkan. Berikutnya kredit konstruksi dan kredit komersial lainnya sebanyak 2.454 debitur senilai Rp 2,85 triliun (18,5%) dan kredit ke BUMN untuk 49 debitur senilai Rp 5,15 triliun (33,5%).

Berbagai upaya telah dilakukan Bank BTN untuk dapat mencapai target realisasi tersebut, di tengah tantangan kondisi ekonomi yang berada di ambang resesi akibat pandemi Covid-19. 

BTN berkomitmen memenuhi target untuk menyalurkan pembiayaan hingga kali lipat atau sebesar Rp15 Triliun dari dana yang ditempatkan pemerintah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News