BTN Siap Dukung Tapera untuk Penuhi Hunian Bagi MBR

Kamis, 18 Maret 2021 – 21:03 WIB
BTN Siap Dukung Tapera untuk Penuhi Hunian Bagi MBR - JPNN.com
Perumahan subsidi BTN untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Foto : Ricardo/jpnn

jpnn.com, JAKARTA - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. menyatakan kesiapannya mendukung Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) untuk mempercepat penyediaan hunian layak huni bagi sekitar 9,1 juta masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). 

Adapun, saat ini Tapera tengah menyiapkan penyusunan skema pembiayaan perumahan bagi MBR.

Sasaran program Tapera tersebut diharapkan bisa memenuhi kebutuhan seluruh lapisan MBR, termasuk yang berpenghasilan di bawah Rp4 juta. 

Direktur Utama Bank BTN Haru Koesmarhargyo mengatakan kelompok MBR dengan penghasilan di bawah Rp4 juta mendominasi porsi backlog akibat meningkatnya jumlah permintaan atas rumah dari para wong cilik tersebut setiap tahun.

Sementara kapasitas penyediaan perumahan untuk segmen MBR belum bisa memenuhi kebutuhan mereka.

“BTN sudah dipastikan siap untuk mendukung program Tapera tersebut. Termasuk dalam mendukung Tapera menyediakan hunian berkualitas terutama bagi MBR dengan penghasilan di bawah Rp4 juta,” jelas Haru dalam diskusi bertajuk Housing Availability for Economically Weaker Section di Jakarta, Kamis (18/3). 

Hingga saat ini, Bank BTN pun tengah menggodok skema kredit pemilikan rumah (KPR) untuk mendukung program Tapera.

“Target kami adalah dapat memberikan hunian yang berkualitas dan terjangkau bagi masyarakat Indonesia sesuai dengan Program Satu Juta Rumah milik pemerintah,” ujar Haru.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...