BTN Siap Memfasilitasi Generasi Muda yang Ingin jadi Developer

BTN Siap Memfasilitasi Generasi Muda yang Ingin jadi Developer
Pameran perumahan yang digelar oleh Bank BTN. Foto dok BTN

jpnn.com, PALEMBANG - Ketua DPD Real Estate Indonesia (REI) Zewwy Salim mengatakan dirinya sukses membangun jaringan bisnis real estatenya seperti saat ini dengan bantuan permodalan dari Bank Tabungan Negara (BTN).

Pria yang karib disapa Ko Awi itu bercerita dia mulai merintis bisnis propertinya hanya dengan modal sebesar Rp 30 juta dan kini menjadi salah satu pengembang properti besar di Sumatera Selatan dengan bendera PT Anugrah Wahana Indah (AWI) yang telah membangun 20 ribu unit rumah.

"Saya mulai merintis bisnis ini di usia yang sangat muda dengan modal hanya Rp 30 juta. Awalnya saya mulai dengan menjadi subkontrator dengan mengerjakan pesanan rumah dari developer yang besar. Kemudian saya kenal BTN dan mulai memberanikan diri membangun perusahan developer sendiri pada 2001 hingga saat ini. Jadi kalau mau mulai bisnis ini jangan takut kalau kita tidak punya modal besar," ungkap Zewwy Salim di hadapan 250 peserta Pelatihan Developer Milenial BTN bertajuk "Mewujudkan Mimpi Menjadi Developer Milenial di Hotel Aston Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (24/11).

Menurut Zewwy, dengan backlog perumahan di Indonesia yang saat ini angkanya mencapai 12,7 juta unit, peluang untuk terjun ke sektor bisnis properti sangat lah menjanjikan. Terlebih lagi rasio jumlah wirausaha di Indonesia baru sebesar 3,7 persen dari total populasi penduduk.

"Maka peluang untuk menjadi wirausahawan terutama di sektor properti di Indonesia masih sangat terbuka. Jadi jangan takut untuk terjun ke bisnis ini," kata Zewwy.

Dia pun mengapresiasi upaya BTN yang sejak 2022 lalu rutin menggelar kegiatan Pelatihan Developer Milenial di sejumlah kota di Indonesia.

Zewwy berharap dari kegiatan Pelatihan Developer Milenial Bank BTN ini, nantinya bakal kembali mencetak developer-developer baru yang bisa membantu pemerintah mengurangi backlog perumahan di Indonesia.

Senada Ketua Umum HIPMI Palembang Indra Rusadi Harahap mengakui peran BTN dalam mencetak para pengusaha muda menjadi developer andal sangatlah besar.

Kiprah Bank Tabungan Negara (BTN) dalam membangun ekosistem perumahan di Indonesia tak hanya sebagai menyediakan fasilitas Kredit Perumahan Rakyat (KPR).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News