Bu Megawati Juga Diserang Isu Toa Diturunkan, Sadis!

Bu Megawati Juga Diserang Isu Toa Diturunkan, Sadis!
Foto: Hoaks

jpnn.com, JAKARTA - Pengelola blog id-viva-news-blogspot.co.id sepertinya layak untuk dilaporkan ke polisi.

Blog itu dibuat dengan menggunakan logo-logo Viva, kemudian dimanfaatkan untuk menyebarkan kabar bohong.

Salah satu kabar bohong yang dibuat blog itu berjudul, ’’Usulan Megawati Tentang Toa Ditiadakan Akhirnya Terwujud. Beberapa Majid Sudah Turunkan Toanya’’.

Tulisan tersebut dibuat pada 13 Februari lalu. Dalam berita itu disebutkan, usul Megawati kepada pemerintah agar toa ditiadakan akhirnya disetujui.

’’Beberapa Masjid telah diturunkan Toanya dan di buang ketempat sampah terdekat karena sudah tidak digunakan lagi. Langkah selanjutnya akan berlanjut ke beberapa daerah di Indonesia mulai dari sabang sampai merauke, atau mulai dari Aceh sampai Papua,’’ tulis blog itu.

Menurut blog tersebut, sudah ada 500 masjid di Indonesia tanpa toa. Pada akhir tulisannya, blog itu menuliskan kode penulis layaknya berita betulan, yakni ’’Echa/wartawan Viva’’.

Dari pengecekan di situs Viva.co.id, jelas tidak ada berita semacam itu. Ada dua dugaan motif pembuatan kabar bohong seperti itu.

Pertama, pesanan pihak-pihak tertentu yang ingin menjatuhkan Megawati. Kedua, situs tersebut memanfaatkan isu yang sedang ramai untuk mendulang klik dari netizen.

Berita hoaks dan sangat provokatif itu menyebut pemerintah setuju usul Megawati agar toa ditiadakan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News