Bu Mensos Bahagia Lihat Upacara HUT RI Lebih Berwarna

Bu Mensos Bahagia Lihat Upacara HUT RI Lebih Berwarna
Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa dengan baju adat Sumenep, Madura saat memimpin upacara HUT ke-72 RI di Kemensos, Kamis (17/8). Foto: Humas Kemensos

jpnn.com, JAKARTA - Beragam pakaian adat berbagai daerah mewarnai upacara hari ulang tahun (HUT) ke-72 kemerdekaan Indonesia di berbagai tempat, Kamis (17/8). Hal itu juga terlihat dalam upacara HUT ke-72 RI di Kementerian Sosial.

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa memimpin langsung prosesi upacara pengibaran bendera Merah Putih dalam rangka peringatan kemerdekaan RI di kantornya. Sebagaimana siaran pers Kemensos, menteri yang juga tokoh Muslimat Nahdatul Ulama (NU) itu juga mengenakan pakaian adat berupa kebaya khas Sumenep, Madura.

"Ini baru pertama kali. Tahun-tahun sebelumnya pakai baju Korpri,” ujar Khofifah saat ditemui usai memimpin upacara.

Dia pun terlihat semringah karena upacara dengan pakaian adat dari berbagai daerah itu justru terlihat indah. “Inilah Indonesia, penuh warna dan beragam," tuturnya.

Lebih lanjut Khofifah mengatakan, upacara dengan peserta yang mengenakan beragam pakaian adat itu juga sarat makna. Menurutnya, berbeda suku, agama, golongan, politik, adat ataupun asal-usul bukan berarti tak bisa bersatu.

"Saya ingin menghadirkan nuansa yang berbeda dalam perayaan kemerdekaan Indonesia kali ini. Saya berharap semua karyawan bangga dengan pakaian adat yang mereka kenakan,” tuturnya.

Khofifah menegaskan, pakaian adat bukan sekedar busana resmi suatu daerah. “Tapi merupakan identitas bangsa dan bentuk penghargaan terhadap budaya yang kita miliki," tambahnya.

Sementara Direktur Jenderal Penanganan Fakir Miskin (PFM), Andi ZA Dulung yang mengenakan pakaian adat khas Bugis, Sulawesi Selatan mengakui adanya suasana yang berbeda saat melihat para PNS berbusana adat. Pria asal Soppeng, Sulawesi Selatan ini mengatakan, nuansa keindonesiaan dan kekeluargaan justru sangat terasa dalam upacara itu.

Beragam pakaian adat berbagai daerah mewarnai upacara hari ulang tahun (HUT) ke-72 kemerdekaan Indonesia di berbagai tempat, Kamis (17/8). Hal itu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News