Bu Retno Dukung Pelarangan Anak Bermain Lato-Lato di Sekolah

Bu Retno Dukung Pelarangan Anak Bermain Lato-Lato di Sekolah
Sejumlah anak-anak di Semarang, Rabu (11/1/2023) menunjukkan mainan lato-lato yang sedang viral. (ANTARA/Zuhdiar Laeis).

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Dewan Pakar Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) Retno Listyarti mendukung kebijakan sejumlah Dinas Pendidikan di daerah yang mengeluarkan surat edaran (SE) melarang peserta didik membawa mainan Lato-Lato ke sekolah.

SE yang melarang peserta didik membawa dan memainkan Lato-Lato di lingkungan satuan pendidikan, antara lain diterbitkan Dinas Pendidikan Pesisir Barat (Lampung), Kabupaten Bogor, Kota Bandung, dan Kabupaten Bandung Barat (Jawa Barat).

Kemudian, SE serupa juga keluarkan Disdik Kota Pekalongan (Jawa Tengah), Disdik Kota Banjarmasin (Kalimantan Selatan), hingga Kota Siantar (Sumatera Utara).

Menurut Bu Retno, kebijakan sejumlah Dinas Pendidikan di daerah melarang membawa dan memainkan lato-lato di lingkungan satuan Pendidikan sudah tepat.

Kebijakan itu menurut dia sejalan dengan Pasal 12 UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) dan pasal 8 UU Np. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (UUGD).

"Surat Edaran dari Dinas-dinas Pendidikan tersebut tidak sama sekali melarang anak bermain," ujar Retnodalam siaran pers, Kamis (12/11).

Dia menilai pemerintah daerah (pemda) memahami bahwa bermain adalah hak anak sebagaimana dijamin dalam UU Perlindungan Anak. Namun, yang dilarang adalah membawa mainan Lato-Lato dan memainkannya di lingkungan sekolah.

"Ini dua hal yang berbeda. Anak boleh main Lato-Lato, tetapi tidak di lingkungan satuan pendidikan," ucap mantan komisioner KPAI Itu.(fat/jpnn)

Ketua Dewan Pakar FSGI Retno Listyarti mendukung pelarangan anak atau siswa membawa dan bermain Lato-Lato di lingkungan sekolah.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News