Bu Retno Ingatkan Bahaya Hepatitis Akut saat PTM Seusai Libur Lebaran

Bu Retno Ingatkan Bahaya Hepatitis Akut saat PTM Seusai Libur Lebaran
Ilustrasi, pembelajaran tatap muka atau PTM di DKI Jakarta. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Retno Listyarti mengingatkan pemerintah dan orang tua tentang bahaya saat pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah di tengah ancaman penyakit hepatitis akut.

Menurut Retno, PTM yang dimulai di seluruh Indonesia pada 12 Mei 2022 seusai libur Lebaran dengan mobilitas pemudik yang melibatkan jutaan orang.

"Saat PTM di mulai, kemungkinan sekolah tidak mempersiapkan secara khusus untuk antisipasi hepatitis misterius," ucap Retno dalam keterangan tertulis yang diterima JPNN.com, Kamis (12/5).

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melalui Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (Dirjen P2P) mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor HK.02.02/C/2515/2022 tentang Kewaspadaan terhadap Penemuan Kasus Hepatitis Akut yang Tidak Diketahui Etiologinya.

SE Kemenkes tersebut kemudian ditindaklanjuti oleh Dinas Kesehatan di berbagai daerah dengan mengeluarkan SE kepada puskesmas-puskesmas dan rumah sakit setempat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap Hepatitis Akut.

Akan tetapi, Bu Retno menyebut sejauh ini tidak ada petunjuk khusus dari Kemendikbudristek, Kemenag maupun Dinas-Dinas Pendidikan dalam mengantisipasi hepatitis akut yang dapat menulari anak-anak.

Oleh karena itu, dia menilai persiapan protokol kesehatan (prokes) selama pandemi Covid-19 bisa digunakan untuk antisipasi. Dengan catatan, sekolah harus memastikan kepatuhan prokes warga sekolah selama PTM berlangsung.

"Sekolah dapat bekerja sama dengan puskesmas membantu pemerintah daerah untuk menyosialisasikan pencegahan virus hepatitis akut tersebut yang utamanya menyerang saluran cerna dan saluran pernapasan," tuturnya.

Komisioner KPAI Retno Listyarti mewanti-wanti pemerintah dan orang tua soal bahaya saat PTM di tengah ancaman hepatitis akut. Begini sarannya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News