Bu Rini, Pendapatan Pertamina Terus Menurun, Piye Iki?

Bu Rini, Pendapatan Pertamina Terus Menurun, Piye Iki?
Ilustrasi. Foto: dok/Jawa Pos

jpnn.com - JAKARTA - Pendapatan PT Pertamina sampai saat ini terus mengalami penurunan. Di triwulan III 2015, Pertamina berhasil mendapat USD 10,21 miliar. Jumlah tersebut mengalami penurunan dibanding triwulan II yang mencapai sebesar USD 11,11 miliar. Begitupun dengan laba bersih, yang juga ikut tergerus.

"Pendapatan (Pertamina) terus menurun dari triwulan II ke triwulan III 2015. Laba bersih sekarang (Q3-red) USD 0,34 miliar, triwulan II USD 0,54 miliar," papar Direktur Keuangan Pertamina Arief Budiman di kantor Pusat Pertamina, Kamis (22/10).

Penurunan tersebut sambung Arief, disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya yakni harga minyak yang anjlok serta nilai tukar rupiah yang sempat menyentuh Rp14 ribu per dolar USD, yang di luar prediksi direksi Pertamina. Sebab itu, biaya operasional perseroan ikut membengkak.

"Pendapatan turun selain minyak anjlok, juga karena kurs. Perkiraan kami Rp12.500 sekarang sampai Rp13.500 per dolar USD. Tekanannya memang luar biasa," ulas Arief.

Lalu apa upaya efisiensi yang sudah dilakukan Pertamina?

"Upaya efisiensi memang dilakukan, sudah dalam, tapi tidak efisiensi yang membunuh. Seperti eksplorasi, dikurangi dikit. Kalau terlalu banyak, baik tahun ini tapi nggak baik buat tahun berikutnya," tandas Arief. (chi/jpnn)


JAKARTA - Pendapatan PT Pertamina sampai saat ini terus mengalami penurunan. Di triwulan III 2015, Pertamina berhasil mendapat USD 10,21 miliar.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News