Bu Susi Punya Kans Jadi Cawapres Jokowi, Asalkan

Bu Susi Punya Kans Jadi Cawapres Jokowi, Asalkan
Susi Pudjiastuti. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Ziyad Falahi menilai Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti punya kans menjadi calon wakil presiden (cawapres). Bahkan, menteri yang dikenal nyentrik itu berpeluang menjadi cawapres bagi Joko Widodo (Jokowi).

Menurut Ziyad, tak banyak menteri di Kabinet Kerja yang dianggap cocok menjadi cawapres. Dalam analisisnya, Susi punya daya tarik tersendiri di masyarakat.

Nama Susi kian tenar karena keberaniannya menenggelamkan kapal-kapal asing pencuri ikan di perairan Indonesia. "Saya kira nama menteri seperti Susi Pudjiastuti atau Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin cocok (menjadi cawapres, red),” ujar Ziyad kepada JPNN, Sabtu (7/4).

Direktur Pusat Kajian Survei Opini Publik itu menambahkan, nama Susi dan Lukman cocok menjadi cawapres Jokowi jika situasi di dalam negeri kondusif hingga 2019 mendatang. Tapi jika kondisi politik tak kunjung kondusif, Ziyad memprediksi Jokowi akan menggandeng cawapres dari kalangan militer.

"Performa tokoh militer dibutuhkan jika Jokowi masih belum menemukan solusi mengatasi SARA (suku, agama, ras dan antaragolongan, red),” pungkas Ziyad.(gir/jpnn)


Susi Pudjiastuti menjadi segelintir dari para menteri di Kabinet Kerja yang menurut pengamat berpeluang menjadi cawapres bagi Joko Widodo.


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News