Bu Susi Sempat Mendaftar Ujian Paket C, Nih Buktinya...

Bu Susi Sempat Mendaftar Ujian Paket C, Nih Buktinya...
Kartu peserta ujian Paket C atas nama Susi Pudjiastuti. Foto: istimewa for JawaPos.Com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti terdaftar sebagai peserta ujian paket kesetaraan tingkat SMA tahun ajaran 2016/2017 atau yang dikenal dengan Paket C.

Ujian paket atau kesetaraan merupakan salah satu solusi yang ditawarkan pemerintah agar siswa bisa meraih jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Program ini menjadi jalan keluar bagi siswa yang putus sekolah karena alasan apa pun.

Susi telah terdaftar sebagai peserta ujian Paket C dan mendapatkan kartu peserta Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Pengusaha perikanan asal Pangandaran itu terdaftar sebagai siswa binaan Pusat Kegiatan Beajar Masyarakat (PKBM) Bina Pandu Mandiri, Ciamis.

Di kartu peserta tersebut terlampir foto Susi, nomor ujian, tempat tanggal lahir dan alamat. Dirjen Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Harris Iskandar pun membenarkan hal itu.

Menurutnya, Susi memang terdaftar sebagai peserta UNBK namun tidak hadir saat ujian. "Info dari staf saya ibu Susi Pudjiastuti dipastikan tidak hadir dalam pelaksanaan UNBK di Kabupaten Ciamis," kata Harris kepada JawaPos.com, Senin (17/4).

Harris menambahkan, Susi tak ikut ujian Paket C karena sudah meraih gelar doktor honoris causa (HC) dari Universitas Diponegoro, Semarang. Gelar kehormatan itu pun disetarakan dengan pendidikan formal.

"Sesuai konfirmasi dari sespri (sekretaris pribadi, red) beliau (Susi, red) dan Prof. Dr. Ir. Erika Budiarti Laconi, MS, Ketua BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan, red) bahwa gelar doktor (HC) yang dipersembahkan dari Undip disetarakan dengan pendidikan formal," ungkap Harris.

Ujian kesetaraan Paket C digelar pada akhir pekan lalu (Sabtu dan Minggu). "Beliau memang sudah sejak lama terdaftar sebagai warga belajar di PKBM Bina Pandu Mandiri, Ciamis," jelas Harris.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti terdaftar sebagai peserta ujian paket kesetaraan tingkat SMA tahun ajaran 2016/2017 atau yang dikenal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News