Buat Warga Kalsel, Ada Kabar Baik dari Presiden Jokowi

Buat Warga Kalsel, Ada Kabar Baik dari Presiden Jokowi
Presiden Jokowi meninjau lokasi terdampak bencana banjir di Kelurahan Pekauman, Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan pada Senin (18/1). Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

jpnn.com, JAKARTA - Desakan warga Kalimantan Selatan agar Jembatan Sei Alalak segera dibuka, akhirnya disetujui Presiden Joko Widodo (Jokowi). Jembatan yang berada di Provinsi Kalimantan Selatan ini menghubungkan Kota Banjarmasin dengan Kabupaten Barito Kuala menuju Provinsi Kalimantan Tengah.

Kawasan ini terkenal kemacetannya terutama setelah Jalan Lingkar Utara yang kondisinya rusak parah pasca diterjang banjir. Mengetahui pentingnya jembatan itu untuk masyarakat, Presiden Jokowi meminta jajarannya membuka jembatan itu segera.

“Benar, Bapak Presiden meminta Jembatan Alalak ini segera dibuka. Kami saat ini sedang berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat,” ucap Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Minggu (26/9).

Heru mengatakan pembukaan Jembatan Sei Alalak tersebut dapat dilakukan dengan uji coba operasional secara terbatas hingga pelaksanaan peresmian.

“Jenis kendaraan yang diizinkan hanya untuk roda dua dan mobil penumpang,” ucap Heru.

Sementara itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono menyatakan kesiapan pihaknya untuk melaksanakan arahan presiden.

“Kami telah melakukan pengecekan akhir kondisi jembatan tersebut dan siap dibuka sesuai arahan presiden,” ucap Basuki.

Basuki menyampaikan bahwa pihaknya akan berkoordinasi dengan pemerintah provinsi dan polda setempat. Hal itu untuk koordinasi untuk uji coba operasional terbatas ini.

Presiden Joko Widodo mengabulkan desakan warga Kalimantan Selatan. Jembatan Sei Alalak segera dibuka untuk masyarakat.