Buaya Muncul di Muara, Turis dan Nelayan Harus Waspada

Buaya Muncul di Muara, Turis dan Nelayan Harus Waspada
BERBURU BUAYA: Petugas dari BKSDA Yogyakarta memasang umpan itik di muara Sungai Bogowonto, Pantai Congot, Desa Jangkaran, Temon, Kulonprogo, dalam upaya penangkapan buaya Sabtu (24/12). Foto: Hendri Utomo/Radar Jogja

jpnn.com - JPNN.Com - Penampakan buaya muara sepanjang tiga meter menggemparkan masyarakat di pantai selatan Purworejo dan Kulonprogo. Buaya itu sempat terlihat dan menghilang lagi di pintu muara Sungai Bogowonto, Congot, Desa Jangkaran, Temon, Kulonprogo.

Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jogjakarta turun tangan untuk evakuasi. Kepala Seksi Konservasi Wilayah I BKSDA Jogjakarta Untung Suripto mengungkapkan, pihaknya mendapatkan informasi dari masyarakat dan Polsek Temon, Jumat (23/12) malam. Posisi buaya berada di dekat pintu muara Bogowonto.

Berbekal informasi itu, Untung langsung berkoordinasi dengan kepolisan dan warga sekitar untuk segera melakukan pencarian. Sekitar pukul 20.30, buaya terlihat di Pantai Congot.

“Namun karena banyak orang, buaya kembali lagi ke tengah, dan sekitar 01.30 (24/12) terlihat lagi di sekitar pintu muara Bogowonto. Hingga akhirnya gelombang pasang, buaya menghilang dan pencarian dihentikan pukul 05.00,” ungkapnya.

Proses pencarian kembali dilanjutkan pagi Sabtu (24/12) pagi dengan menerjunkan lima personel yang dilengkapi peralatan untuk mengevakuasi buaya. Menurut teori, buaya muara biasa berjemur sekitar pukul 09.00-13.00.

BKSDA pun mencoba memasang umpan berupa itik di muara Bogowonto untuk memancing buaya naik ke daratan. Namun, buaya itu belum bisa ditangkap.

Berdasarkan dokumentasi dan hasil pemantauan, binatang reptil bertubuh besar itu tergolong buaya muara yang keberadaannya memang dilindungi. Namun, soal asal-usul buaya muara itu, BKSDA Jogja masih menunggu konfirmasi dari BKSDA Jawa Tengah. Sebab, buaya itu muncul dari barat.

“Kami tidak mengakomodasi isu. Patokan kami konfirmasi dari BKSDA Jateng, apakah ada buaya yang lepas dari penangkaran atau tidak. Fokus kami saat ini melakukan penangkapan,” lanjutnya.

JPNN.Com - Penampakan buaya muara sepanjang tiga meter menggemparkan masyarakat di pantai selatan Purworejo dan Kulonprogo. Buaya itu sempat terlihat

Sumber Radar Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News