Budayakan Reformasi Birokrasi

Budayakan Reformasi Birokrasi
Budayakan Reformasi Birokrasi
JAKARTA- Reformasi birokrasi harus menjadi budaya bagi jajaran aparatur negara, sehingga bisa memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat. Mengingat masih banyaknya fenomena kurang optimalnya pelayanan publik di instansi yang berhubungan langsung dengan masyarakat.

“Memang banyak instansi terutama di daerah yang belum paham benar tentang bagaimana pelayanan publik itu. Mereka merasa karena dibutuhkan jadi bisa jual mahal. Pola pikir seperti ini yang harus diubah,” tegas Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menneg PAN-RB) EE Mangindaan, Selasa (27/10).

Untuk instansi pusat, menurut Mangindaan, sudah ada beberapa yang berupa. Sebut saja Samsat, yang pengurusan SIM dan STNK bisa cepat tanpa bertele-tele.

“Sebelumnya kan sangat parah, banyak masyarakat yang karena ingin cepat menyelipkan uang di map agar urusan lancar. Dengan reformasi birokrasi, budaya itu harus diubah menjadi semangat melayani masyarakat tanpa ada sogok-sogokan,” tuturnya.

JAKARTA- Reformasi birokrasi harus menjadi budaya bagi jajaran aparatur negara, sehingga bisa memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat. Mengingat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News