Budi Muliawan Ungkap Peran Mahasiswa dalam Pembangunan dan Kemajuan Bangsa

Diskusi Bersama Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah 

Budi Muliawan Ungkap Peran Mahasiswa dalam Pembangunan dan Kemajuan Bangsa
Kepala Bagian Pemberitaan dan Hubungan Antar Lembaga Setjen MPR Budi Muliawan SH., MH., saat menjadi narasumber diskusi ‘Peran Mahasiswa sebagai Tonggak Pemersatu dalam Kebhinnekaan’, Sarasehan Kehumasan ‘MPR Menyapa Sahabat Kebangsaan’ di Aula Madya Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Tangerang Selatan, Banten, 29 November 2021. Foto: Humas MPR RI.

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Bagian Pemberitaan dan Hubungan Antar Lembaga Setjen MPR Budi Muliawan SH., MH., mengatakan mahasiswa adalah intelektual muda yang idealis dan sangat kuat memegang teguh nilai-nilai yang dipercayai sebagai nilai kebenaran. 

Mahasiswa kerap terpanggil hati nuraninya untuk peduli pada masalah-masalah yang ada,” ujarnya.

Budi Muliawan mengungkap itu saat menjadi narasumber diskusi ‘Peran Mahasiswa sebagai Tonggak Pemersatu dalam Kebhinnekaan’, Sarasehan Kehumasan ‘MPR Menyapa Sahabat Kebangsaan’ di Aula Madya Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Tangerang Selatan, Banten, 29 November 2021.

Acara itu dihadiri oleh Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIKOM) UIN Syarif Hidayatullah, Cecep Castrawijaya, MA; Ketua Senat Mahasiswa FDIKOM UIN Syarif Hidayatullah, Syafira Febby, serta puluhan mahasiswa.

Budi Muliawan menuturkan peran yang demikian membuat posisi mahasiswa masuk dalam level atau tataran kaum intelektual di tengah masyarakat. 

Menurutnya, dengan posisi yang demikian itu, mahasiswa memiliki peran dan fungsi sosial yang mampu mewarnai dan memberi dampak bagi kemajuan peradaban dan kehidupan masyarakat, bangsa, dan negara.

Alumnus Program Magister Ilmu Hukum Universitas Indonesia ini mengutip pendapat Leila Mona yang termuat dalam jurnal Mengembangkan Personal Social Responsibility (PSR) dalam Membangun Karakter Mahasiswa, menyebut ada lima peran penting mahasiswa dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Pertama, mahasiwa sebagai iron stock. 

Kepala Bagian Pemberitaan dan Hubungan Antar Lembaga Setjen MPR Budi Muliawan SH., MH., mengungkap peran mahasiswa dalam pembangunan dan kemajuan bangsa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News