Budiono Ingatkan Tim Transisi Jokowi Soal Papua

Budiono Ingatkan Tim Transisi Jokowi Soal Papua
Budiono Ingatkan Tim Transisi Jokowi Soal Papua.

jpnn.com - JAKARTA -- Tim transisi pasangan Joko Widodo dan Jusuf Kalla menyatakan telah membahas lima topik bersama Wakil Presiden RI Boediono di kantor wapres, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa, (2/9).

Menurut anggota tim transisi Andi Widjojanto, salah satu yang dibahas di awal adalah penguatan kelembagaan kepresidenan. Tim meminta arahan Boediono tentang interaksi pembagian tugas antara presiden dan wapres selama pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono-Boediono.

"Dan masukan Pak Boediono yang secara langsung melaksanakan tugas sebagai wapres itu kami catat baik-baik untuk memperkaya pokja, terutama pokja kepresidenan mencari opsi-opsi penguatan kelembagaan kepresidenan," ujar Andi dalam jumpa pers usai bertemu Wapres Boediono.

Selain itu, ujarnya, tim dan Wapres juga membicarakan tentang ekonomi makro. Dalam hal ini penganggaran proses RAPBN dan nanti APBNP 2015.  Boediono, imbuh dia, memberikan arahan-arahan strategis yang sebaiknya diprioritaskan untuk dimasukkan ke RAPBN 2015. Itu akan dilaksanakan mulai Januari tahun depan.

"Yang mana, yang harus ditunda untuk APBNP karena proses politik anggarannya harus berakhir tanggal 23 September 2014. Tadi Pak Boediono sudah berikan saran dan kami akan tindaklanjuti berikutnya," lanjut Andi.

Secara khusus, ungkap Andi, Boediono juga memberikan beberapa arahan tentang satu program strategis Jokowi-JK yang merupakan kesinambungan dari pemerintahan SBY, yaitu tol laut. Boediono mengharapkan program itu terus dijalankan di pemerintahan selanjutnya.

"Pak Boediono meminta kami berinteraksi lebih lanjut dengan Kemenhub untuk mencari data dan informasi tentangnya yang bisa dilanjutkan menjadi program tol laut Jokowi-JK," sambung Andi.

Sementara untuk program kesra, kata dia, tim meminta beberapa arahan Boediono tentang data dasar yang bisa dipergunakan untuk simulasi program. Terutama program kesra yang berkaitan dengan petani, nelayan, pembangunan desa dan penanggulangan kemiskinan.

JAKARTA -- Tim transisi pasangan Joko Widodo dan Jusuf Kalla menyatakan telah membahas lima topik bersama Wakil Presiden RI Boediono di kantor wapres,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News