Buka FORNAS VII Jabar, Menpora Dito Singgung Soal Semangat Partisipasi

Buka FORNAS VII Jabar, Menpora Dito Singgung Soal Semangat Partisipasi
Menpora Dito Ariotedjo ketika membuka FORNAS VII di Stadion Si Jalak Harupat, Minggu (2/7/2023) malam. Foto: Dok Kemenpora

jpnn.com, BANDUNG - Menpora Dito Ariotedjo memuji partisipasi masyarakat dalam Festival Olahraga Rekreasi Nasional (FORNAS) VII 2023 di Bandung, Jawa Barat, pada 2 hingga 9 Juli mendatang.

Hal tersebut disampaikan Menpora Dito ketika bersama Menko PMK Muhadjir Effendi dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, membuka FORNAS VII di Stadion Si Jalak Harupat, Minggu (2/7/2023) malam.

Tercatat, keikutsertaan masyarakat pada FORNAS 2023 ini mengalami peningkatan 50 persen, dimana pada edisi sebelumnya yang berlangsung di Palembang 2021 lalu hanya diikuti 11 ribu orang, sedangkan kali ini diikuti 23 ribu masyarakat olahraga dari 38 Provinsi di seluruh Indonesia.

Terpilihnya Jawa Barat sebagai tuan rumah penyelenggaraan FORNAS VII 2023 ini menurut Menpora Dito sangat tepat, karena diiringi dengan bertambahnya keikutsertaan dari para Induk Olahraga (INORGA), disusul dengan antusias para masyarakat yang menyambutnya dengan sangat positif.

"Saya salut dan bangga atas partisipasi dan semangat Induk Olahraga (INORGA) serta para pegiat olahraga masyarakat dari seluruh tanah air dalam keikutsertaannya terhadap FORNAS VII tahun 2023 ini. Partisipasi 23 ribu peserta merupakan angka yang fantastis, dimana tentunya akan memberikan inspirasi dan semangat baru untuk aktif berolahraga, lantaran ini pun menjadi bagian dari kampanye Kemenpora yang tak hanya olah rasa dan olah karya, tetapi juga olahraga," ucap Menpora Dito kepada awak media.

"Kalau dilihat dari jumlah partisipasi, terjadi peningkatan yang sangat signifikan dari tahun ke tahun, sehingga ini akan meningkatkan indeks kebugaran, sehingga sudah pada jalurnya menuju Indonesia Bugar 2045," tambahnya.

Selain itu, Menpora Dito juga mengatakan dari partisipasi masyarakat dengan jumlah yang besar tersebut tentu akan berdampak pada Sport Industry dan Sport Tourism Jawa Barat umumnya dan Bandung khususnya.

Menpora asal partai Golkar itu menilai bahwa olahraga masyarakat yang di dalamnya terdapat olahraga rekreasi ini memadukan nilai-nilai budaya, history serta semangat gotong royong, sehingga hal tersebut bisa membawa masyarakat Indonesia lebih sehat lagi, sekaligus sebagai momentum penguatan persatuan dan kesatuan bangsa, serta menguatkan rasa kebersamaan dan kegembiraan.

Menpora Dito Ariotedjo memuji partisipasi masyarakat dalam Festival Olahraga Rekreasi Nasional (FORNAS) VII 2023 di Bandung, Jawa Barat, pada 2 hingga 9 Juli.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News