Buka Semarang Expo 2022, Ganjar Berharap Geliat UMKM Meningkat Lewat Cara Ini

Buka Semarang Expo 2022, Ganjar Berharap Geliat UMKM Meningkat Lewat Cara Ini
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat mengunjungi para pelaku UMKM. Foto dok Pemprov Jateng

jpnn.com, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menghadiri acara Kabupaten Semarang Expo (KAMEX) 2022 di Lapangan Jenderal Soedirman Ambarawa, Semarang, Jateng, Kamis (20/10).

Dalam event KAMEX 2022, dihadirkan puluhan stand UMKM di bidang kuliner, kerajinan ekonomi kreatif (ekraf), fashion, sneakers dan art, hingga flora dan fauna.

Lewat acara ini, Ganjar terus mendorong kehadiran event multi stakeholder untuk membangkitkan geliat UMKM. Pasalnya, kehadiran banyak stakeholder akan membantu persoalan UMKM.

"Mudah-mudahan nantinya pelaku UMKM ini bisa menampilkan karyanya sekaligus kan ada bank, banknya kami harapkan lebih proaktif lagi. Kalau perlu ada ngobrol-ngobrol atau bincang UMKM, sehingga persoalan UMKM yang ada itu bisa disampaikan," kata Ganjar.

Pria 53 tahun ini mengatakan, kehadiran bank dan perusahaan-perusahaan lain sebagai stakeholder UMKM bisa sangat membantu.

Mengingat, persoalan yang banyak terjadi di UMKM adalah aksea permodalan hingga kesulitan pemasaran.

"Perlu training-training menjual secara digital. Sehingga kalau itu bisa dilakukan, kekuatan ekonomi yang ada di masyarakat, di rakyat, apalagi yang kecil dan mikro ini bisa di-blow up," kata Ganjar.

Ganjar berharap, akan ada buyer yang datang ke berbagai event UMKM.

Ganjar terus mendorong kehadiran event multi stakeholder untuk membangkitkan geliat UMKM. Pasalnya, kehadiran banyak stakeholder akan membantu persoalan UMKM.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News