Buka Seminar Nasional, Wapres Sebut Maluku Utara Titik Nol dari Jalur Rempah Dunia

Buka Seminar Nasional, Wapres Sebut Maluku Utara Titik Nol dari Jalur Rempah Dunia
Wakil Presiden Ma'aruf Amin mengatakan Maluku Utara dikenal dengan kekayaan sumber daya alam yang melimpah. Foto: dok Kemendes

jpnn.com, TIDORE - Wakil Presiden Ma'aruf Amin mengatakan Maluku Utara dikenal dengan kekayaan sumber daya alam yang melimpah, khususnya rempah.

Aktivitas yang dilakukan di masa lampau membuat jalur perdagangan rempah semakin ramai di Bumi Moloku Kie Raha itu.

Oleh karena itu, Wapres Ma'Aruf Amin menyebutkan Maluku Utara sebagai titik awal pergerakan jalur rempah dunia.

“Maluku Utara adalah Titik Nol dari Jalur Rempah Dunia,” ujar Wapres dalam sambutannya pada Pembukaan Seminar Nasional Melacak Jalur Peradaban Rempah Dunia yang diselenggarakan di Kantor Wali Kota Tidore Kepulauan, Tidore Kepulauan, Kamis (11/5).

Menurut Wapres, wilayah Maluku Utara merupakan bagian penting dari perjalanan sejarah Jalur Rempah Nusantara.

Sehingga kejayaan sebagai jalur rempah di masa lampau menjadi pemantik semangat dalam membangun kembali kejayaan rempah di Maluku Utara.

“Kesuksesan masa silam hendaknya bukan semata hikayat untuk anak dan cucu kami, melainkan juga menjadi pengobar semangat untuk menghidupkan kembali kejayaan Bumi Maluku Utara,” jelas Wapres.

Lebih lanjut, Wapres mengungkapkan rempah tidak hanya sebagai komoditas unggulan bidang ekonomi, tetapi menjadi bagian dari sejarah peradaban yang plural.

Wakil Presiden Ma'aruf Amin mengatakan Maluku Utara dikenal dengan kekayaan sumber daya alam yang melimpah, khususnya rempah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News