Buka Usaha Mandiri, Mantan Anak Jalanan Ini Dapat Dukungan Bu Risma

Buka Usaha Mandiri, Mantan Anak Jalanan Ini Dapat Dukungan Bu Risma
Mantan anak jalanan asal Mojokerto yang mengembangkan usaha mandiri dan dikawal oleh Kemensos. Foto: dokumen Kemensos

jpnn.com, JAKARTA - Lima mantan anak jalanan asal Mojokerto, tengah mengembangkan usaha mandiri dengan program Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) di Balai Residen Satria Baturraden yang dipelopori Kementerian Sosial (Kemensos).

Bahkan, Menteri Sosial Tri Rismaharini telah meresmikan langsung kafe Millenial Koffie yang merupakan usaha dari MYA dan MF, dua anak jalanan yang dibina Kemensos.

MYA mengatakan, suasana kafe cukup ramai, apalagi setelah diresmikan langsung oleh Tri Rismaharini pada 5 Februari 2021 lalu.

Dia bahkan telah menambahkan perangkat Wireless Fidelity (WiFi) dan mulai menambah varian menu makanan.

"Alhamdulillah, kemarin saya menabung satu juta rupiah. Sehari bisa dapat keuntungan bersih seratus ribu. Rencananya mau nabung lagi," kata MYA dalam siaran pers Kemensos, Kamis (25/2).

Selain mendampingi kafe Millenial Koffie, Kemensos juga mengawal dua usaha sepatu JR KING dan DRAGOBY yang juga ada di Mojokerto.

Untuk usaha sepatu JR KING dikelola oleh PSN dan adiknya VSP. Kedua mantan anak jalanan itu memproduksi sepatu-sepatu berbahan kulit asli yang dikerjakan secara handmade.

Saat ini, JR KING telah menyiapkan model dan merk sendiri. Sebanyak 20 pasang sepatu sudah diproduksi dan mulai laku di pasaran.

Mensos Tri Rismaharini memberikan dukungan kepada mantan anak jalanan untuk mengembangkan usaha secara mandiri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News