Bukan Hanya Lalu Zohri, yang Lain juga Terima Beasiswa

Bukan Hanya Lalu Zohri, yang Lain juga Terima Beasiswa
Lalu Muhammad Zohri ketika berlatih di Stadion Madya Senayan Jakarta, Jumat 20/7/18. Foto: Chandra Satwika/Jawa Pos

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sudah mengganjar Lalu Muhammad Zohri, juara dunia lari 100 meter U-20, beasiswa unggulan. Sehingga sampai selesai kuliah nanti, Zohri tak perlu memikirkan biaya pendidikan.

Tapi, rekan-rekan Zohri sesama pelajar yang juga tampil di Asian Games tak perlu khawatir. Kementerian yang dipimpin Muhadjir Effendy itu juga sudah siap menyiapkan penghargaan untuk mereka.

Baik berupa beasiswa maupun kemudahan dalam mengikuti ujian. ”Kemarin saya urus atlet berkuda yang ikut Asian Games,” kata Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat (BKLM) Kemendikbud Ari Santoso, seperti diberitakan Jawa Pos.

Pada saat ujian 18 Mei lalu, terang Ari, si atlet tidak bisa ikut. Lalu dijadwalkan lagi juga masih belum bisa. “Kita tanya aja kapan bisa ujian dan mau di mana?” kata Ari.

Menurut catatan Kemendikbud, ada sekitar delapan siswa yang berlaga di Asian Games. ”Kami publikasikan juga biar teman-temannya ikut nonton,” ujarnya.

Tak cuma buat para siswa yang tampil di Asian Games. Kemendikbud juga akan memberi apresiasi kepada para pelajar yang punya prestasi olahraga tapi tak ikut terjun di ajang empat tahunan tersebut.

Caranya dengan mengusahakan mereka agar bisa ikut menonton cabang olahraga yang disukai. “Agar mereka memiliki pandangan terhadap bidang kecabangan yang diminati,” katanya.

Dukungan juga ditunjukkan Kementerian Kesehatan. Menteri Kesehatan Nila Farid Moeloek beberapa kali menilik kesiapan panitia kesehatan Asian Games. Misalnya Rabu lalu (15/8), Nila ke medical center yang berlokasi di Wisma Atlet.

Lalu Muhammad Zori dan para pelajar yang menjadi atlet di Asian Games 2018 mendapatkan beasiswa dan kemudahan mengikuti ujian.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News