Asian Games 2018

Buruan Unduh! Sangat Penting Selama Asian Games 2018

Buruan Unduh! Sangat Penting Selama Asian Games 2018
Aplikasi informasi detail cuaca di venue Asian Games 2018. (Foto: BMKG/JPNN)

jpnn.com, JAKARTA - Turut menyukseskan helatan Asian Games 2018, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meluncurkan aplikasi pintar guna memantau secara detail cuaca di setiap venue pertandingan Asian Games.

Aplikasi pintar hasil kerjasama BMKG dengan Esri Indonesia memuat informasi kondisi cuaca terkini, prediksi cuaca, suhu, kelembapan, kecepatan dan arah angin di setiap lokasi pertandingan dalam format sederhana.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan, BMKG bertanggungjawab menyediakan data cuaca maupun prediksi cuaca secara realtime - kontinyu dengan peringatan sedini mungkin.

Khusus Asian Games, data tersebut sangat penting demi keselamatan dan kelancaran event/lomba yang terpapar cuaca langsung, seperti olahraga air, dayung, renang, baseball, panahan, paralayang dan lainnya.

"BMKG juga melakukan pemantauan polutan untuk mengantisipasi kabut asap di sekitar venue Jakabaring Sport City Palembang," tambahnya lagi.

Pusat Data BMKG, kata Dwikorita, telah dilengkapi data satelit, stasiun cuaca dan sensor yang terus mengumpulkan dan memproses data secara real time.

Melalui integrasi Teknologi Big Data di BMKG dan Cloud dari ArcGIS online milik Esri, data tersebut kemudian diproses menjadi data realtime setiap lokasi pertandingan.

Aplikasi cerdas ini memiliki format mobile (Android) dan dynamic web. Rencananya, kerjasama antara BMKG dan Esri Indonesia ini akan dilanjutkan dalam penyelenggaraan IMF Summit di Bali dan Papua Showcase tahun ini. (mg8/jpnn)


Turut menyukseskan helatan Asian Games 2018, BMKG meluncurkan aplikasi pintar berfungsi memantau secara detail cuaca di setiap venue pertandingan Asian Games.


Redaktur & Reporter : Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News