Bukan Ulangan Memori 1996

Bukan Ulangan Memori 1996
Pemain Portugal, Christiano Ronaldo, saat bertanding melawan Belanda dalam EURO 2012 di Metalist Stadium, Kharkiv, Ukraina. FOTO : HENDRA EKA/JAWA POS
WARSAWA - Euro 1996 menjadi capaian terbaik Republik Ceko dalam turnamen sepak bola terbesar antarnegara Eropa tersebut. Yang mengejutkan, Ceko yang berstatus debutan kala itu secara fantastis mampu menembus sampai partai final atau sebelum dikalahkan Jerman.

Nah, dalam perjalanan menuju partai puncak, Ceko menyingkirkan Portugal di perempat final dengan skor 1-0 via gol Karel Poborsky. Di Euro 2012, kedua tim akan kembali bertemu di fase yang sama. Apakah bentrok di National Stadium Warsawa dini hari nanti (siaran langsung RCTI kickoff 01.45 WIB) bakal jadi ulangan laga 16 tahun silam ?

"Saya kira ini hanya sebuah kebetulan. Pada 1996, Portugal sangat-sangat favorit. Sedangkan sekarang, posisi kedua tim tidak berbeda jauh. Kami justru finis sebagai juara grup, sedangkan mereka runner-up grup," kata defender Ceko Michal Kadlec di situs resmi UEFA.

Baca Juga:
Kadlec pun memiliki motivasi ekstra untuk mengalahkan Portugal. Sebab, kapten Ceko edisi 1996 adalah ayah kandungnya, Miroslav. Hanya, Kadlec mengingatkan apabila mengusung spirit 1996 tidak akan cukup. Sebab, kualitas teknik juga menentukan dan dalam hal ini, Portugal memang lebih baik.

WARSAWA - Euro 1996 menjadi capaian terbaik Republik Ceko dalam turnamen sepak bola terbesar antarnegara Eropa tersebut. Yang mengejutkan, Ceko yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News