Bukti Golkar Kuasai Panggung Politik

Bukti Golkar Kuasai Panggung Politik
Bukti Golkar Kuasai Panggung Politik
JAKARTA - Ditunjuknya Ketua Umum DPP Partai Golkar Aburizal Bakrie alias Ical sebagai Ketua Harian Sekretariat Gabungan (Setgab) partai koalisi oleh Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), menggantikan Ketua Umum DPP PAN Hatta Radjasa, menunjukkan bahwa secara de facto panggung politik Indonesia memang dikuasai Partai Golkar.

"Secara de jure, politik Indonesia dikuasai oleh Partai Demokrat (PD), namun secara de facto ternyata politik Indonesia dikuasai Partai Golkar. Faktanya SBY telah menunjuk Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie sebagai Ketua Harian Sekretariat Gabungan (Setgab) partai koalisi," kata pengamat Politik dari CSIS, J Kristiadi, kepada pers di Jakarta, Senin (10/5).

Disisi lain, lanjut Kristiadi, perusahaan milik Aburizal Bakrie yang telah memicu tragedi lumpur Lapindo yang menyengsarakan warga Sidoarjo Jawa Timur tidak bisa diselesaikan SBY secara komprehensif. "Dua kasus tersebut di atas, jelas SBY masuk perangkap Aburizal Bakrie dan bersikap patuh terhadap Ical."

Selain menyebut-nyebut ketidakberdayaan SBY dalam menyelesaikan lumpur Lapindo karena faktor Ical, Kristiadi juga mengungkit prilaku Golkar dalam kasus bail out Bank Century yang gagal membuktikan aliran dana bail out Century ke partai dan elit Demokrat. “Sejak awal Golkar mendukung hak angket yang secara khusus untuk menekan Demokrat menggeser Sri Mulyani dari jabatan Menteri Keuangan yang mulai membongkar dugaan tunggakan pajak perusahaan Ical," ujar Kristiadi.

JAKARTA - Ditunjuknya Ketua Umum DPP Partai Golkar Aburizal Bakrie alias Ical sebagai Ketua Harian Sekretariat Gabungan (Setgab) partai koalisi oleh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News