Buku Kisi-kisi Unas Berlogo Palu Arit Belum Menyebar

Buku Kisi-kisi Unas Berlogo Palu Arit Belum Menyebar
LOGO PALU ARIT: Buku New Mentor bertema Rahasia Cerdas Membedah Kisi-Kisi UN Bahasa Inggris SMA/MA 2016 menyertakan logo palu arit pada salah satu halamannya. Buku tersebut diketahui akan dijadian acuan pelajar di SMA (XII) SMAN 1 Kawali, Kabupaten Ciamis menjelang ujian nasional (unas). Foto: Radar Tasikmalaya

jpnn.com - jpnn.com - Dunia pendidikan dikejutkan dengan ditemukannya lambang palu arit di buku mata pelajaran Bahasa Inggris kisi-kisi Ujian Nasional SMA di salah satu sekolah di Ciamis, beberapa waktu lalu. Buku tersebut berjudul New Mentor.

Mengantisipasi penyebaran buku dimaksud, Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Kabupaten Subang menyatakan belum menerima laporan adanya buku mata pelajaran Bahasa Inggris yang berbau komunis.

“MKKS belum menerima laporan bahwa di Subang ada temuan itu. Tapi kami yakin buku itu tidak menyebar di sekolah-sekolah di Subang,” kata Wakil Ketua MKKS SMA Kabupaten Subang, Edi Sugandi SPd MMPd saat dihubungi Pasundan Ekspres (Jawa Pos Group), Selasa (24/1).

Meskipun begitu, pihaknya perlu berkoordinasi dengan sekolah-sekolah untuk memastikan buku tersebut tidak beredar di Subang.
Oleh karenanya, jika di sekolah ditemukan buku dimaksud, diharapkan segera lapor untuk ditindaklanjuti.

Pihaknya menyayangkan adanya muatan berbau komunis di buku pelajaran siswa. Dengan situasi politik saat ini yang memanas jangan sampai pendidikan menjadi korbannya.

“Pendidikan harus bersih dari kepentingan-kepentingan politik yang dapat merugikan siswa,” ujarnya.

Oleh sebab itu, pihaknya mengimbau agar sekolah lebih selektif dalam memilih buku pelajaran. Ia juga berharap agar mata pelajaran Pendidikan Pancasila di sekolah-sekolah dipertegas lagi.

“Kalau dulu pendidikan Pancasila itu dikhususkan, sekarang masuk dalam pendidikan kewarganegaraan. Saya berharap pendidikan Pancasila diperkuat lagi di sekolah-sekolah,” ujarnya.

Dunia pendidikan dikejutkan dengan ditemukannya lambang palu arit di buku mata pelajaran Bahasa Inggris kisi-kisi Ujian Nasional SMA di salah satu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News