Bulan Puasa, Waspada Migrain dan Penyakit Lambung

Bulan Puasa, Waspada Migrain dan Penyakit Lambung
Bulan Puasa, Waspada Migrain dan Penyakit Lambung
BOGOR- Menghadapi Ramadan, penyakit akut dan kronis bakal mengancam. Misalnya, penyakit lambung baik asam lambung, migrain, diabetes melistus hingga penyakit karena cuaca.

Kabid Pencegahan, Penanggulangan dan Penyakit Lingkungan (P3KL) pada Dinas Kesehatan Kota Bogor, dr Eddy Darma mengimbau masyarakat harus menyiapkan stamina dan fisik menghadapi Ramadan kali ini. Pasalnya, kondisi iklim dan cuaca di Bogor masih panas, sangat berpotensi dehidrasi dan infeksi saluran pernapusan akut (ISPA). “Bulan ini bakal menjadi bulan berat. Dehidrasi bakal mengancam,” katanya.

Eddy menuturkan, pengaruh cuaca ini berdampak kepada tubuh manusia sehingga berimbas kepada gangguan pada sistem imun dari daya tahan tubuh. “Masyarakat perlu menggiatkan PHBS (perilaku hidup bersih dan sehat). Misalnya, cuci tangan sebelum dan sesudah makan, istirahat cukup, makan sehat yang teratur, dan lain-lain,” bebernya.

Penyakit lain yang kerap muncul saat Ramadan adalah penyakit lambung. “Bagi yang memiliki penyakit lambung, baik asam lambung, bisa tetap berpuasa. Tapi sebaiknya tetap meminum obat secara rutin yakni saat sahur dan berbuka," jelasnya.

BOGOR- Menghadapi Ramadan, penyakit akut dan kronis bakal mengancam. Misalnya, penyakit lambung baik asam lambung, migrain, diabetes melistus hingga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News