Bulungan Hanya Butuh Pasokan Listrik 10 MW

Bulungan Hanya Butuh Pasokan Listrik 10 MW
Bulungan Hanya Butuh Pasokan Listrik 10 MW

jpnn.com - TANJUNG SELOR – Defisit daya listrik yang selama ini dijadikan alasan PLN Rayon Tanjung Selor memadamkan listrik secara bergiliran dengan durasi 6 hingga 8 jam per hari, sejatinya bisa teratasi sejak dua atau setahun lalu.

Menurut Bupati Bulungan Budiman Arifin, daerahnya yang memiliki jumlah penduduk 134.743 jiwa dari 122.231 jiwa data Desember 2012 lalu hanya membutuhkan 10 Mega Watt (MW).

“Untuk saat ini, Bulungan itu sebenarnya hanya butuh 10 MW, tidak lebih. Kecuali untuk beberapa tahun ke epan pastilah 10 MW itu tidak cukup,” kata Budiman Arifin kepada Radar Tarakan (Grup JPNN.com) kemarin.

Artinya, lanjut dia, jika saja dua atau setahun lalu PLN Rayon Tanjung Selor itu sudah melakukan penambahan daya listrik atau mesin pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD) sebesar 1,4 MW, dipastikan tak ada pemadaman seperti yang dilakukan sebulan terakhir ini. Terkecuali munculnya persoalan teknis atau force majeur.

Untuk diketahui, jika dalam posisi normal PLN memiliki 8,6 MW (beban puncak) yang bersumber dari 17 pembangkit listrik. Namun, belakangan ini PLN kehilangan 5 MW akibat kerusakan 5 unit mesin pembangkit listrik, meliputi 1 unit milik PLN, dan sisanya  masing-masing dua unit dari PT. Makro, dan Sewa Tama.

Di bagian lain, Bupati mengatakan, persoalan listrik yang tidak hanya dialami warga ibu kota Provinsi Kaltara, Tanjung Selor, antara 15 hingga 20 tahun kelak sudah bisa tersenyum lebar.

Harapan itu jika progres pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) dengan kapasitas 6000 MW yang dipusatkan di Kecamatan Peso, Bulungan, yang ditargetkan paling cepat 15 tahun mendatang sudah bisa ready.

“Paling buruk 20 tahun lagi atau di tahun 2035 nanti PLTA Peso itu sudah selesai. Kalau proyek itu bisa dibangun di tahun 2015 ini,” prediksinya.
 
Sebab, PLTA Peso yang dikerjakan oleh China Power Investmen (CPI) melalui PT Kayan Hidro Energi hingga sekarang masih terkendala perizinan menteri kehutanan.

TANJUNG SELOR – Defisit daya listrik yang selama ini dijadikan alasan PLN Rayon Tanjung Selor memadamkan listrik secara bergiliran dengan durasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News