BUMN Akan Bangun 2 Pabrik Gula di Jateng dan Jatim

BUMN Akan Bangun 2 Pabrik Gula di Jateng dan Jatim
Ilustrasi. Foto dok JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan membangun dua pabrik gula baru di Jawa Tengah dan Jawa Timur dengan kapasitas produksi 10 ribu ton per hari.

Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan, komunikasi dengan Gubernur Jawa Timur Soekarwo dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo terkait rencana pembangunan pabrik gula baru tersebut sudah dilakukan.

"Kami juga menawarkan kepada pihak investor, apabila mereka mau melakukan kerja sama dengan BUMN untuk pembangunan dua pabrik gula baru itu," ujar Rini belum lama ini.

Selain rencana pembangunan tersebut, pengoptimalan pabrik gula yang sudah ada seperti Pabrik Gula Djatiroto di Kabupaten Lumajang, Jawa Timurn juga menjadi perhatian Rini.

"Kami perbesar kapasitas produksi PG Djatiroto sampai 10 ribu ton tebu per hari atau ton cane per day (TCD) dengan pendanaan dari BUMN sendiri," tuturnya.

Peningkatan kapasitas dari semula 6 ribu menjadi 10 ribu ton tebu per hari disambut baik para petani.

Hal tersebut akan memudahkan petani tebu di Lumajang sebagai daerah sentra produksi tebu.

Sebab selama ini Lumajang selalu kelebihan tebu, sehingga para petani terpaksa harus menggilingkan tebunya ke luar Lumajang.

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan membangun dua pabrik gula baru di Jawa Tengah dan Jawa Timur dengan kapasitas produksi 10 ribu ton

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News