BUMN akan Buka 100.000 Ha Sawah

Termasuk di Bulungan, KTT, Nunukan dan Malinau

BUMN akan Buka 100.000 Ha Sawah
BUMN akan Buka 100.000 Ha Sawah
TARAKAN – Pemerintah melalui perusahaan di bawah Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) siap membuka percetakan sawah baru seluas 100 ribu hektare (Ha) di Kaltim. Demikian disampaikan Menteri BUMN Dahlan Iskan usai melakukan meninjauan wilayah Kaltim lewat udara, kemarin.

Langkah kementerian BUMN ini, kata Dahlan bertujuan untuk meningkatkan produksi pangan nasional. Di samping melihat semakin berkurangnya lahan persawahan belakangan ini yang dikhawatirkan akan menyebabkan terjadinya krisis beras.

 

“Sekarang ini kan produksi beras tidak cukup, sehingga kita berencana untuk mencetak sawah baru 100.000 hektare di Kaltim,” ujar Dahlan Iskan yang ditemui saat transit di Bandara Juwata Tarakan, Rabu (11/1).

Menurut mantan Dirut PT PLN ini, Indonesia yang merupakan negara agraris, dengan lahan cukup luas sudah seharusnya tak terperangkap pada krisis pangan. Sehingga hasil yang diperoleh dari sawah baru ini nantinya diprediksi akan menghasilkan satu juta ton beras setiap panennya. 

“Selama ini kita impor beras sangat besar. Masak kita terus-terusan mengimpor beras,” cetus dia.

TARAKAN – Pemerintah melalui perusahaan di bawah Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) siap membuka percetakan sawah baru seluas 100

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News