Okto Sebut BUMN Mampu Melambungkan Nama Indonesia Lewat Olahraga

Okto Sebut BUMN Mampu Melambungkan Nama Indonesia Lewat Olahraga
Raja Sapta Oktohari. Foto: NOC Indonesia

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Komite Olahraga Indonesia (NOC Indonesia) Raja Sapta Oktohari angkat bicara terkait silang-pendapat terkait Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Bagi Okto, panggilan karibnya, peran BUMN di bawah kepemimpinan Erick Thohir dalam menopang peningkatan prestasi olahraga Indonesia tidak bisa dipungkiri.

"Peran BUMN di bawah kepemimpinan Erick Thohir dalam membantu dunia olahraga Indonesia sudah dirasakan masyarakat olahraga Indonesia. Itu fakta yang tidak terbantahkan. Jadi, Kementerian BUMN itu memang layak dipertahankan," kata Okto yang dihubungi pada Rabu (7/2/2024).

Contoh yang paling nyata, kata Okto, dukungan Erick Thohir dalam mensukseskan kepercayaan Federasi Sepakbola Internasional (FIFA) yang memberikan kepercayaan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U 17 2023 lalu.

"Erick Thohir telah mencatat sejarah menjadikan Indonesia sebagai negara Asia Tenggara pertama yang menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17. Tidak hanya itu saja, Erick Thohir mampu kembali mengangkat citra Indonesia di mata dunia internasional setelah sebelumnya Piala Dunia U-20 2023 urung dihelat. Itu bukan pekerjaan yang mudah apalagi kesuksesan Indonesia menggelar Piala Dunia U 17 dapat pengakuan FIFA dan negara peserta. Semua kesuksesan itu tidak terlepas dari dukungan BUMN," ungkapnya.

"Kegagalan Indonesia sebagai tuan rumah pun berhasil ditebus Erick Thohir selaku Ketua Umum PSSI dengan keberhasilan mecatat sejarah untuk pertama kali lolos ke Babak 16 Besar Piala Dunia 2023 Qatar," tambahnya.

Kepercayaan dunia internasional terhadap Indonesia semakin terbangun tatkala Indonesia mampu mensukeskan FIBA World Cup 2023. Dan, itu semua berkat sentuhan Erick Thohir. "Dua event akbar dunia itu sebagai bukti kesuksesan Erick Thohir dan BUMN dalam membangun citra Indonesia melalui dunia olahraga," jelasnya.

Apa yang dilakukan Erick Thohir, kata Okto, mengingatkan peran BUMN yang cukup besar dalam dunia olahraga nasional pada era kepemimpinan Presiden Soeharto. Saat itu, BUMN bukan hanya mensponsori kegiatan-kegiatan, tetapi juga menampung para atlet-atlet berprestasi.

Ketua Komite Olahraga Indonesia (NOC Indonesia) Raja Sapta Oktohari angkat bicara terkait silang-pendapat terkait Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News