Buntut Tabrakan Maut di Selat Malaka, Dua Perwira AL Dipecat

Buntut Tabrakan Maut di Selat Malaka, Dua Perwira AL Dipecat
Kapal perang Amerika Serikat USS John S. Mc. Cain (DDG 56) dan kapal tanker Alnic MC berbendera Liberia tabrakan di perairan sebelah timur Singapura dan dekat Selat Malaka, Senin (21/8). Foto: Dispen Koarmabar

jpnn.com, WASHINGTON - Angkatan Laut Amerika Serikat memecat dua perwira seniornya, Senin (18/9). Keputusan ini merupakan buntut dari insiden tabrakan antara kapal perang USS McCain dengan kapal tanker Mv Alnic Mc di Selat Malaka, Agustus lalu.

Dua perwira itu adalah komandan Task Force 70 Rear Admiral Charles William dan komandan Squadron 15 Captain Jeffery Bennet.

Keputusan ini dibuat oleh pimpinan Armada Ketujuh Vice Admiral Phil Sawyer. "Keduanya diberhentikan karena hilangnya kepercayaan akan kemampuan mereka untuk memimpin." Demikian isi pernyataan Angkatan Laut AS, seperti dilansir Reuters.

Sawyer sendiri baru dilantik Agustus lalu menggantikan komandan sebelumnya, Vice Admiral Joseph Aucoin yang langsung dipecat setelah terjadinya kecelakaan.

Tabrakan USS McCain dengan Mv Alnic Mc terjadi pada 21 Agustus di wilayah perairan sebelah timur Singapura. Peristiwa nahas itu menewaskan 10 pelaut.

Juni lalu, tujuh pelaut AS juga tewas setelah kapal perang USS Fitzgerald tabrakan dengan sebuah kapal kargo Filipina. (dil/jpnn)


Angkatan Laut Amerika Serikat memecat dua perwira senior akibat kecelakaan maut di Selat Malaka pada Agustus lalu


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Reuters

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News