Bupati Bekasi yang Kena OTT KPK Itu Timses Jokowi

Bupati Bekasi yang Kena OTT KPK Itu Timses Jokowi
Gedung KPK. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Tim Kampanye Nasional Joko Widodo - Ma'ruf Amin (TKN Jokowi - Ma'ruf) membenarkan bahwa Bupati Bekasi Neneng Hassanah Yasin yang terjaring operasi tangkap tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) merupakan tim sukses petahana.

Juru Bicara TKN, Ace Hasan Syadzily mengatakan, Neneng masuk dalam Tim Kampanye Daerah (TKD) Jokowi - Ma'ruf wilayah Jawa Barat.

"Saya tadi sudah berkomunikasi dengan Ketua TKD Jawa Barat Kang Dedi Mulyadi, beliau bilang akan segera diganti dari kepengurusan tim di TKD Jawa Barat," kata Ace di Rumah Pemenangan Jokowi - Ma'ruf, Jalan Cemara, Jakarta Pusat, Selasa (16/10).

Selain menjabat di timses Jokowi, Neneng juga Ketua DPD Golkar Bekasi. Ace yang juga politikus Golkar ini mengaku pihaknya sudah menonaktifkan Neneng dari jabatannya itu.

"Dasarnya adalah pakta integritas yang telah ditandatangani antara Partai Golkar dengan seluruh kader Golkar yang menjadi kepala daerah. Jika memang melakukan tindakan korupsi, maka dia harus mundur sebagai pengurus Partai Golkar," kata Ace.

Sebelumnya, KPK melakukan OTT terhadap sembilan orang terkait dugaan suap pengurusan perizinan proyek pembangunan Meikarta di Kabupaten Bekasi. Dua di antaranya adalah Bupati Bekasi Neneng Hasanah Yasin dan Direktur Operasional Lippo Group Billy Sindoro.

Kesembilan orang itu sudah ditetapkan sebagai tersangka dalam konferensi pers yang diumumkan oleh Wakil Ketua KPK Laode M Syarif.

“Diduga realisasi pemberian sampai saat ini adalah sekitar Rp 7 miliar melalui beberapa kepala dinas pada April, Mei, Juni 2018,” kata Laode di Gedung KPK, Senin (15/10).

Bupati Bekasi diduga terlibat suap keperluan pengurusan izin lahan proyek Meikarta.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News