Bupati Bilang, Eksplorasi Agar Gunung Ciremai tak Meletus

Bupati Bilang, Eksplorasi Agar Gunung Ciremai tak Meletus
Bupati Bilang, Eksplorasi Agar Gunung Ciremai tak Meletus

jpnn.com - MAJALENGKA –  Bupati Majalengka H Sutrisno SE MSi tidak setuju dengan pendapat yang menilai rencana eksplorasi sumber daya panas bumi di Gunung Ciremai Kabupaten Kuningan berdampak negatif masyarakat.  Bupati menyebut hal itu sebagai pemikiran yang keliru.

Sutrisno mengaku setuju-setuju saja atas adanya rencana eksplorasi panas bumi di gunung tertinggi di Jawa Barat itu.

Menurut Sutrisno, upaya eksplorasi panas bumi sebagai salah satu harta karun sumber daya alam yang terpendam di Gunung Ciremai, tidak akan bermanfaat bagi masyarakat ketika hanya dibiarkan, tanpa ada orang ahli yang bisa mengambilnya.

“Ooh soal isu itu. Itu pemikiran kerdil. Sekarang kita menginjakkan kaki di Bumi Sindangkasih, yang di dalamnya terdapat harta karun dan segala macam anugerah kekayaan alamnya. Apakah akan bermanfaat untuk rakyat manakala tidak ada orang yang mampu mengambilnya? Setuju-setuju saja saya sih, selama itu bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan sekitarnya,” ujar Sutrisno kepada Radar Cirebon (grup JPNN).

Setahu dia, eksplorasi panas bumi itu tidak ada efek negatifnya bagi alam dan masyarakat sekitar, asalkan dilakukan sesuai prosedur dan standar keamanan yang memadai, misalnya lewat pengeboran.

“Siapa bilang membahayakan, itu ngaco. Kalau mengambilnya dengan pengeboran dan standar keamanan yang jelas dan memperhatikan lingkungan alam sekitar. Tidak akan ada efek negatifnya. Kita diberikan oleh Allah begitu banyak harta benda dan kekayaan alam yang berlimpah, tapi kalau tidak ada uang, tidak ada orang yang ahli, ya nggak bakal berguna buat rakyat,” sebutnya.

Justru, kata Sutrisno, jika panas bumi dan uap panas yang terkandung dalam Gunung Ciremai itu tidak diambil sedikit demi sedikit, bakal berdampak pada meledaknya gunung.

“Dengan diambilnya sedikit demi sedikit tekanan udara dan panas dari perut gunung, maka akan mengurangi potensi meledaknya gunung. Berpikir realistis dan ilmiah dong,” katanya.

MAJALENGKA –  Bupati Majalengka H Sutrisno SE MSi tidak setuju dengan pendapat yang menilai rencana eksplorasi sumber daya panas bumi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News