Bupati Minta Asahan jadi Ibukota Provinsi

Bupati Minta Asahan jadi Ibukota Provinsi
Bupati Minta Asahan jadi Ibukota Provinsi

jpnn.com - KISARAN - Rencana pembentukan Provinsi Sumatera Pantai Timur (sebelumnya tertulis Pantai Timur Sumatera) terus bergulir. Dukungan mulai bemunculan dari berbagai elemen masyarakat. Bahkan Bupati Asahan Taufan Gama Simatupang mengusulkan agar Asahan menjadi ibukota Provinsi Sumatera Pantai Timur.

Kemarin, ribuan masyarakat, kepala desa dan camat dari seluruh wilayah Kabupaten Asahan, menyerahkan surat dukungan atas pembentukan Provinsi Sumatera Pantai Timur.

Surat dukungan itu diberikan, bertepatan dengan deklarasi yang digelar bersama-sama dengan Pemkab Asahan di Gedung Olahraga (GOR) Kisaran.

Taufan mengatakan, sebagai masyarakat Asahan ia meminta kepada komite penggagas berdirinya Provinsi Sumatera Pantai Timur, agar dalam perencanaan pembengunan provinsi nantinya, di Kabupaten Batubara dibangun pelabuhan terbesar sesudah pelabuhan Belawan.

Sedangkan di Kota Tanjungbalai dibangun pelabuhan khusus untuk wisatawan. Di Labura dibangun landasan lapangan terbang. Untuk Labuhanbatu Induk dan Labusel, dibangun pertanian dan peternakan.

Sementara Kabupaten Asahan, hanya meminta menjadi ibukota Provinsi Sumatera Pantai Timur. Taufan menegaskan, dengan dilaksanakannya deklarasi pembentukan Provinsi Sumatera Pantai Timur, dirinya secara pribadi tidak memiliki misi khusus dan semata hanya untuk peningkatan kesejahteraan rakyat.

“Demi Allah dan Rasul-Nya. Saya tidak berkeinginan menjadi Gubernur Sumatera Pantai Timur,  saya hanya meminta kepada masyarakat Asahan untuk menjadi Bupati Asahan satu periode lagi. Intinya, saya siap mendukung pembentukan Provinsi Sumatera Pantai  Timur,” tegasnya.

Sebelumnya, setelah pembacaaan deklarasi, Ketua Pemekaran Provinsi Sumatera Pantai Timur Muslim Simbolon mengatakan, sudah saatnya Sumatera Pantai Timur terbentuk. “Kami yakin serta percaya, seluruh elemen masyarakat Asahan yang hadir menjadi saksi dan bukti sejarah perjalanan berdirinya Provinsi Sumatera Pantai Timur,” tegasnya.

KISARAN - Rencana pembentukan Provinsi Sumatera Pantai Timur (sebelumnya tertulis Pantai Timur Sumatera) terus bergulir. Dukungan mulai bemunculan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News