Bupati Sebar Seribu Bibit Durian Merah

Bupati Sebar Seribu Bibit Durian Merah
Durian merah. FOTO: ist

jpnn.com - BANYUWANGI - Pemkab Banyuwangi memacu pengembangan komoditas hortikultura. Di antaranya adalah komoditas durian. Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas membagikan 1.000 bibit durian merah, salah satu komoditas hortikultura andalan dari daerah di ujung timur Pulau Jawa itu.

"Durian merah dalam beberapa tahun terakhir memang semakin banyak diminati karena rasanya yang dinilai lebih nikmat dibanding durian biasa. Apalagi, warna dagingnya berbeda dari durian kebanyakan, yaitu merah, oranye, dan bahkan ada yang perpaduan warna-warni," kata Anas.

Seribu bibit durian merah itu ditanam di Desa Kemiren, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi, Kamis (24/9), di sela-sela pelaksanaan tradisi Tumpeng Sewu, sebuah ritual adat sebagai wujud syukur masyarakat atas anugerah Tuhan. Bibit durian ditanam di kebun/pekarangan milik warga.

”Durian merah ini buah khas Banyuwangi dengan nilai ekonomis yang tinggi dibanding durian biasa. Potensinya besar. Dengan penanaman ini, kelak warga akan memetik hasilnya. Selain untuk penghijauan, ada nilai ekonomisnya yang berguna untuk warga,” kata Anas.

Seribu bibit yang ditanam hari ini diperkirakan bisa dipanen buahnya antara 7-12 tahun ke depan bergantung jenis bibitnya.

Saat ini, jumlah pohon durian merah di Banyuwangi memang terbatas. Pohon yang produktif berbuah setiap tahun baru sejumlah 200 pohon dengan produksi 1500-1700 butir setiap masa panen. Jumlah ini sangat terbatas. Padahal, permintaan pasar sangat besar.

“Karena itu peluang untuk mengembangkan komoditas ini sangat luas. Apalagi durian merah menjadi buah khas Banyuwangi, maka kita harus mengupayakan agar buah ini banyak tersedia dan mudah dibeli,” cetus Bupati Anas.

Ketua Divisi Riset dan Pengembangan Durian Merah dari Forum Pemerhati Hortikultura Banyuwangi, Eko Mulyono menuturkan, pohon durian merah tersebar di sejumlah kecamatan di Banyuwangi, antara lain Kecamatan Kalipuro, Giri, Glagah, dan Songgon. Kelima kecamatan ini menjadi tempat persebaran 3.000 pohon durian yang saat ini dibudidayakan masyarakat. ”Tiga ribu bibit yang sudah mulai dibudidayakan itu akan dipanen 3-4 tahun ke depan,” kata pria yang telah menggeluti riset durian merah sejak tahun 2008 ini.

BANYUWANGI - Pemkab Banyuwangi memacu pengembangan komoditas hortikultura. Di antaranya adalah komoditas durian. Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News