Bupati Serang Bagi-bagi Ambulans

Bupati Serang Bagi-bagi Ambulans
Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah meninjau ambulans desa yang diluncurkan untuk 100 desa. Foto: Banten Raya

jpnn.com, SERANG - Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah meluncurkan bantuan 100 unit ambulans desa untuk 100 desa yang tersebar di sejumlah kecamatan di Kabupaten Serang, Banten.

Penyerahan bantuan ambulans desa yang dilaksanakan di halaman Pemkab Serang tersebut diharapkan dapat mempermudah pelayanan masyarakat yang akan dibawa ke puskesmas atau dirujuk ke rumah sakit.  

Pemberian bantuan 100 unit ambulans desa tersebut merupakan tahun pertama yang dilakukan Pemkab Serang sebagai upaya untuk meningkatkan pelayanan kesehatan.

Pemberian bantuan ambulans dilakukan secara bertahap dan ditargetkan semua desa sebanyak 326 desa bisa mendapatkan bantuan. “Insyaallah, dalam tiga tahun semua desa akan mendapatkan bantuan ambulans desa,” kata Tatu, kemarin.

Ia menjelaskan, pelayanan ambulans desa bagi masyarakat gratis karena anggaran untuk operasional sudah dianggarkan oleh pemerintah desa melalui anggaran dana desa.

“Untuk biaya operasional tidak boleh dibebankan kepada masyarakat, mau itu sopir, bensin, atau pun lainnya. Harus dimasukkan ke belanja desa. Jadi masyarakat menggunakan ambulans gratis,” paparnya.

Program bantuan ambulans desa sendiri digagas oleh Bupati Serang setelah melihat kondisi wilayah Kabupaten Serang yang sangat luas. Bahkan, ada beberapa desa terpencil sehingga warga kerap kesulitan mengakses layanan kesehatan.

“Saat ini ambulans mulai siaga di desa. Semoga memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan kesehatan saat mereka membutuhkan rujukan ke rumah sakit,” ujarnya.

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah meluncurkan bantuan 100 unit ambulans untuk 100 desa yang tersebar di sejumlah kecamatan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News