Bupati Sukoharjo Dukung Penuh Upaya Kementan Berdayakan Petani Milenial di Daerah

Bupati Sukoharjo Dukung Penuh Upaya Kementan Berdayakan Petani Milenial di Daerah
Bupati Sukoharjo Etik Suryani (berdiri, paling tengah) mendukung penuh upaya Kementan dalam gerakan regenerasi pertanian melalui pemberdayaan petani milenial di wilayahnya. Foto: Dokumentasi Kementan

jpnn.com, SUKOHARJO - Kementerian Pertanian (Kementan) terus mendorong terciptanya petani milenial yang tangguh dan berjiwa wirausaha handal di tengah tantangan era globalisasi.

Upaya tersebut juga dilatari oleh banyaknya petani usia lanjut yang memutuskan pensiun dari sektor agraris ini.

"Beragam upaya telah kami siapkan untuk mendorong tumbuhnya petani milenial berdaya saing tinggi yang menyokong ketahanan pangan kita," kata Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo melalui keterangan yang diterima Minggu (28/5).

Dia menyampaikan sejumlah strategi dilakukan Kementan untuk mempercepat regenerasi petani.

Mulai dari meningkatkan kapasitas petani milenial, baik melalui penyuluhan era digital, pemetaan kawasan industri pangan dan pertanian, pelatihan berbasis online system pun dilakukan.

Dari segi pendidikan, Kementan juga melakukan transformasi pendidikan vokasi pertanian guna menghasilkan wirausaha pertanian profesional.

Tidak cukup sampai di situ, pengembangan kewirausahaan lewat kelompok-kelompok pengusaha petani muda yang menjadi penggerak di daerahnya pun dilakukan.

Untuk mendukung hal tersebut, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi menyampaikan pihaknya akan melakukan pendampingan usaha dan mempermudah proses perizinan hingga pemasaran bagi para wirausaha tersebut

Bupati Sukoharjo mendukung penuh gerakan regenerasi pertanian melalui pemberdayaan petani milenial di wilayahnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News