Bupati Tabanan Bangun Candi Leluhur Majapahit di Mojokerto

Bupati Tabanan Bangun Candi Leluhur Majapahit di Mojokerto
Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti. FOTO: ist for jpnn.com

jpnn.com - SALAH satu ciri bangsa yang besar adalah yang mampu menghargai dan melestarikan warisan budaya nenek moyangnya. Semakin banyak warisan budaya yang bisa digali dan dilestarikan, maka sudah seharusnya semakin dihargai.

Salah satunya seperti yang dilakukan Ni Putu Eka Wiryastuti, yang membangun Candi Leluhur Majapahit di Desa Sumertanggul Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto, JawaTimur.
 
Peresmian candi yang memakan waktu selama satu setengah bulan tersebut, rencananya akan dilangsungkan pada Minggu (19/6) besok. Rencananya kegiatan tersebut akan dihadiri oleh warga sekitar serta kepala-kepala daerah. 

Pembangunan candi ini juga merupakan bukti nyata kepedulian Ni Putu Eka Wiryastuti terhadap sejarah, serta wujud kecintaan dia pada kebesaran bangsa Indonesia.
 
“Generasi sekarang tidak bisa hanya melihat masa ini dan masa depansaja, namun jika ingin menjadi bangsa yang besar, harus melihat kebelakang,kepada sejarah yang pernah terbangun di negeri ini serta belajar dari parapendahulu kita,” ujar Eka yang kini menjabat sebagai Bupati Tabanan, Bali,dalam keterangan tertulisnya, Jum’at (17/6).
 
Eka juga menyebutkan bahwa pembangunan candi ini merupakan perhatian yang tulus dari dirinya yang memiliki kecintaan terhadap leluhur Majapahit. Ia juga rencananya akan menurunkan tim untuk membuat film dokumenter sejarah Kerajaan Majapahit.
 
Sementara itu, Ketua Parasida Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kabupaten Tabanan, I Wayan Tontra yang juga akan menjadi Ketua Pelaksana dalam acara persemian candi, mengapresiasi hal yang dilakukan oleh Eka.

Dia menyebutkan bahwa sosok Bupati Tabanan dalam memimpin daerahnya tersebut patut dicontoh. “Ia memiliki sisi spiritual yang kuat, dan dalam memimpin daerahnya,ia kerap menyeimbangkan antara pembangunan fisik dan mental,” ujarnya. (jpnn)


SALAH satu ciri bangsa yang besar adalah yang mampu menghargai dan melestarikan warisan budaya nenek moyangnya. Semakin banyak warisan budaya yang


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News