Bupati Zaki Minta Pemerintah Pusat Serius Bantu Atasi Banjir

Bupati Zaki Minta Pemerintah Pusat Serius Bantu Atasi Banjir
Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar saat meninjau kawasan banjir di Tangerang. Foto dok. Humas Pemkab Tangerang 

jpnn.com, KABUPATEN TANGERANG - Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar minta pemerintah pusat serius bantu atasi banjir. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang menempuh berbagai cara guna mengantisipasi ancaman banjir di wilayahnya.

Salah satunya berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) serta Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadana (BBWSCC) dan Balai Besar Wilayah Sungai Cidanau Ciujung Cidurian (BBWSCCC). 

“Koordinasi dengan berkirim surat ini merupakan lanjutan dari kegiatan pemantauan yang dilakukan Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Tangerang atas sejumlah sungai/saluran dan situ," kata Bupati Zaki Iskandar dalam keterangan resminya, Senin (16/1). 

Koordinasi ini penting karena adanya kewenangan pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR serta BBWSCC dan BBWSCCC atas penanganan sejumlah sungai dan situ yang berada di wilayah Kabupaten Tangerang.

Ditemukan sejumlah permasalahan di antaranya pendangkalan akibat sedimentasi, pemanfaatan sepadan yang menyalahi aturan, serta bangunan pendukung pengendalian banjir yang sudah tua. 

Prioritas penanganan yang harus segera dilakukan adalah normalisasi pada badan air yang telah mengalami pendangkalan akibat sedimentasi. Hal ini untuk memperbesar kapasitas atau daya tampung badan air tersebut. 

"Upaya ini bisa mengurangi risiko banjir yang sering terjadi di wilayah Kabupaten Tangerang pada musim hujan selama periode Oktober hingga Maret,"  ujarnya.

Bupati Zaki menyebutkan, pihaknya telah menganggarkan total Rp 75,5 miliar untuk keseluruhan pelaksanaan fisik.

Bupati Zaki minta pemerintah pusat serius bantu atasi banjir. Pemkab sendiri sudah melakukan berbagai upaya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News